Revival Kebangunan Rohani di Kutub Utara ( Kanada timur) , Kiambu di Kenya dan Cali di Kolombia

Revival Kebangunan Rohani  di Kutub Utara ( Kanada timur)  , Kiambu di Kenya dan Cali di Kolombia


(2Tawarikh 7:14 ) dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

 

Kebangunan Rohani (Revival ) di wilayah Kutub Utara di Kanada bagian timur

 

Sejarah pertobatan suku Inut di Kutub Utara

 

Ada namanya Angwatisawa jadi pemimpin rohani pada waktu lampau. Dia memberitahukan kapan waktu pindah. Mereka tinggal di pesisir utara pantai pulau Baffin . Ketika Angwatisawa sudah tua berambut putih dan dia mendengar injil tentang Tuhan Yesus dari seorang suku Inuit dari selatan . Awalnya dia tidak mengerti maksudnya lalu ia dijelaskan .


 

Kemudian suatu saat ia mendapatkan mimpi dimana ia dalam perjalanan.panjang untuk mencari kebenaran . Lalu ia menemukan suatu tempat dimana terang dan kegelapan datang menyatu.  Dia tidak dapat masuk ke tempat gelap atau terang . lalu ia memanjat masuk ke celah diantara tempat gelap dan terang dan dia naik ke atas sampai menemukan sebuah pintu  tetapi dia tidak dapat masuk kedalam . Kemudian Angwatisawa bangun dari mimpinya itu . Angwatisawa berpikir bahwa jika ia mengikuti Tuhan dari penginjil dari suku Inuit itu maka ia  dapat membuka pintu itu .

Lalu Angwatisawa bertekad keras dan membara ingin mengenal Tuhan yang diceritakan penginjil dari suku Inuit  itu. Hasratnya membara untuk mengikuti Tuhan yang disembah oleh penginjil itu .


Ada suatu kebiasaan dari suku Inuit yaitu kalau mereka ingin memberikan diri mereka untuk sesuatu maka mereka harus melakukan ritual misalnya berburu binatang lalu dagingnya dibagikan kepada sesama . Lalu Angwatisawa ingin berburu dan membunuh anjing laut supaya daging dan darahnya dapat dibagikan ke orang lain. Angwatisawa memberitahukan kepada rakyatnya bahwa malam ini ia ingin berburu anjing laut dan jika ia berhasil maka ia akan persembahkan hidupnya kepada Tuhan Yesus. Tetapi jika ia gagal dalam berburu dalam 1 malam maka ia tidak mempersembahkan hidupnya kepada Tuhan.

 

Pada malam itu tidak ada bulan atau bintang dan yang ada cuma awan tebal. Jadi akan terasa sulit untuk berburu di malam itu karena terlihat gelap . Lalu ia membuat lubang di lapisan es kutub untuk menunggu anjing laut .Karena dingin ia membangun tembok dari es untuk melindungi dirinya dari angin yang dingin . Dia duduk dengan tombak di tangan dan menunggu anjing laut dari lubang itu .

 

Lalu Angwatisawa tertidur dan bermimpi. Dalam mimpi ia merasa kepalanya terasa berat lalu ia terbangun . Ia melihat ada bayangan tubuhnya , padahal waktu itu tidak terlihat bulan dan tempat itu menjadi lebih terang . Di langit terlihat 3 makhluk yang punya sayap turun dari tengah awan . Setelah 3 makhluk itu pergi  , Angwatisawa melihat ada anjing laut keluar dari lubang itu . Angwatisawa lalu menusuk anjing laut dengan tombak dan membawanya pulang ke perkemahan .

 

Angwatisawa membagikan daging hasil buruan itu kepada penduduknya dan Angwatisawa menceritakan pengalaman ajaibya itu  .Angwatisawa lalu mengajak para penduduk untuk beriman kepada Tuhan Yesus . Mereka akhirnya menjadi pengikut Tuhan Yesus . Beberapa tahun kemudian itu misionaris datang dan mengajarkan tentang kitab suci dan mereka makin memahami tentang Injil .

 

 Lawatan Tuhan (revival ) di wilayah Kutub Utara (Artik) di Kanada bagian timur

 

Di Nunavut dan Nunavit (tempat asal suku Inuit ) itu terletak di Kanada bagian timur . Nunavut dan Nunavit itu secara iklim termasuk kawasan kutub utara dan luas 2 wilayah itu lebih dari 2,7 juta kilometer persegi yang dihuni kurang dari 30.000 orang  pada tahun 2001 . Tanah itu sangat dingin sehingga pohon tidak tumbuh . Ada sebagaian suku Inuit yang tinggal mengembara tapi ada juga yang hidup dikota atau desa . Suku Inuit tinggal di bebrapa kota  di Kanada misalnya di kota Kangiqsujuaq ( populasi sekitar 500 orang) , kota Quaqtaq , kota Puvimituq dan lainnya .

 

Suku Inuit selama puluhan tahun mengalami kekeringan rohani . Banyak generasi muda suku Inuit  yang jatuh dalam dosa alkohol dan dosa sex . Annie Tertiluk (suku Inuit) seorang pendeta dan konselor tinggal di daerah itu sejak 1964. Ia dulu bersama suaminya Mark Tertiluk adalah pecandu alkohol . Di kota itu dulu hampir semua orang dewasa adalah pecandu alkohol yang suka mabuk. Charlie Argnak kehilangan kakak lelaki yang mati karena kecanduan alkohol juga beberapa temannya mati akibat alkohol . Banyak orang berteriak dan  berkelahi karena mabuk . Wilayah itu dulu tidak ada polisi dan peraturan di masyarakat .

 


Hampir tidak ada perlindungan untuk wanita dan anak- anak. Banyak pelecehan dan kasus pemukulan istri . Pemerkosaan wanita juga banyak waktu itu . Alasie Argnak dan Attasie Qarisaq mengaku jadi korban pelecehan .Para wanita suku Inuit yang jadi korban perkosaan itu banyak yang lari ke alkohol, obat- obatan dan musik metal . Sebagian kecil korban itu ada yang bunuh diri yang akibatnya masuk neraka karena bunuh diri . Johny Ouvaut mengaku memiliki adik perempuan yang mati gantung diri  karena jadi korban perkosaan .

 


Di teluk Hudson ,di kota Puvimituq pada musim panas 1991 dilaporkan banyak kasus anak remaja bunuh diri . 8 anak remaja bunuh diri dalam 1 bulan. Tiap bulan ada laporan kasus bunuh diri . Sebagian besar karena mereka jadi korban pelecehan sexual  .


Karena banyaknya dosa maka tanah di daerah – daerah itu mulai kering. Hewan karibu (sejenis rusa), ikan, tanaman buah beri  mulai berkurang banyak . Selama puluhan tahun itu rusa , ikan dan tumbuhan itu mulai jarang di daerah itu . 

Sebelum terjadi kebangunan rohani itu ada seseorang nenek tua yang mendapat penglihatan dari Tuhan  bahwa orang- orang turun ke jalan bernyanyi dan memuji Tuhan . Lalu pada Febuari 1996 itu sekelompok pendoa syafaat berkumpul untuk berdoa di Pond Inlet . Penginjil dan pendeta Billy Amaquq dan pendeta setempat yaitu pendeta Moses Kyak juga mendukung adanya kebangunan rohani.


Tuhan lalu melawat dan banyak penduduk membersihkan rumah mereka dari obat terlarang (narkoba) , alkohol,  media pornografi dan  tape / CD musik metal . Ada tong besar di gereja untuk tempat membuang barang- barang najis itu . Polisi Kanada menyediakan bahan bakar untuk membakar barang- barang najis itu . Lalu para warga berkumpul untuk menyaksikan pembakaran barang- barang najis ditepi pantai . Total barang najis yang dibakar itu diprediksi nilainya sekitar 80.000- 100.000 dolar .


Pada pertengahan musim salju Febuari 1999 itu warga berkumpul untuk acara kebangunan rohani di gereja Aglikan . Anak- anak muda diundang KKR . Saat KKR terdengar suara dahsyat dan manusia bergetar. Pendeta Moses Kyak berusaha mematikan sound system tapi suara itu masih terdengar karena suara itu tanda lawatan dari Tuhan .18 bulan setelah lawatan itu efek revival masih terasa .


Kampung Aupaluk (dididirikan sejak  1978 ) juga mengalami lawatan . Wilayah Aupaluk itu banyak kasus bunuh diri itu juga wilayah itu dijamah Tuhan . Penginjilan terjadi di sekolah – sekolah dan banyak orang yang mulai rajin doa . Kasus bunuh diri turun drastis juga kasus kriminal kejahatan menjadi turun .


Di wilayah Kutub Utara (Artik) di Kanada bagian timur terjadi lawatan . Banyak keluarga dipulihkan dalam 6- 7 tahun itu . Trauma dan luka banyak yang disembuhkan . Mukjizat kesembuhan terjadi. Gereja- gereja mulai dipadati oleh warga yang ingin menyembah Tuhan .Tuhan Yesus menjadi jawaban atas segala persoalan . Banyak orang suku Inuit di Kanada bagian timur itu bertobat kepada Tuhan dan mereka meninggalkan dosa- dosa sex, mabuk alkohol, kekerasan dan sebagainya . Ribuan orang bertobat selama periode 1999 – 2006 di Kanada bagian timur

 

 

Lawatan Tuhan terjadi di kota Kangiqsujuaq , Kangiqsualujjuaq, kota Quaqtaq , kota Puvimituq , Aupaluk, Kangirsuk , Kuuljuaq , Resolute Bay, Pond Inlet , Lake Harbor , Taslujaq, Coral harbour , Akullvik , Inukjuak dan sebagainya . Pujian untuk Tuhan berkumandang dari penduduk- penduduk di wilayah itu . Ruang dewan kota diadakan persekutuan doa seminggu dua kali  dan mereka berdoa mohon pimpinan Tuhan dalam memimpin kota.

 

Tuhan juga melawat tanah itu yang tadinya kering dan gersang . Tanah di sana makin produktif .  Rusa kutub yang sudah tidak terlihat 20 tahun lalu itu mulai terlihat . Dulu ikan itu sulit ketemu di danau tapi sudah mulai kelihatan di danau- danau . Tanah mulai tumbuh tumbuhan buah . Lawatan Tuhan terjadi secara jasmani, ekonomi dan rohani di kawasan itu .

 


Kebanguna Rohani di Kiambu , Kenya

 

Kota Kiambu di kenya itu terkenal dengan kekerasan dan perkosaan dan punya reputasi buruk. Pada akhir tahun 1980-an ini kota Kiambu menjadi tempat paling berbahaya di Kenya . Jumlah bar dan tempat produksi minuman keras itu jumlahnya lebih banyak dari gereja . Banyaknya jumlah orang yang mabuk alkohol meningkatkan jumlah kriminalitas di kota Kiambu . Wanita tidak berani keluar pada malam hari di kota yang berpenduduk 65.000 orang itu . Gereja disana waktu itu memiliki jemaat tidak lebih dari beberapa lusin jemaat .

 

Tahun 1988 itu Tuhan berbicara kepada Thomas Muthee untuk membangun gereja di Kiambu . Thomas Muthee lalu menurut perintah Tuhan untuk ke Kiambu walau awalnya tidak semangat bahkan para  rekan pelayanannya di Nairobi menganggap bahwa pelayanan ke Kiambu itu adalah ide gila. Menurut Thomas Muthee yang membaca Efesus 6:12 itu permasalahan di Kiambu bukan pada penduduk kota tapi pada pekerjaan setan atas orang- orang disitu. Selama 6 bulan itu Thomas Muthee dan istrinya Margareth Muthee itu berdoa . Thomas Muthee berdoa dan berpuasa bertanya kepada Tuhan apa akar masalahnya lalu Tuhan menunjukan ada roh sihir yang menguasai kota itu .

 

Ada penyihir bernama mama Jane yang berpura- pura menjadi Kristen membuka klinik penyembuhan namun menjalankan sihir . Banyak orang termasuk pemimpin bisnis dan penjabat politik ke klinik mama Jane untuk meramal nasib . Setelah akhir masa 6 bulan doa itu , Tuhan mematahkan kuasa sihir di Kiambu . Pendeta Thomas Muthee mengajak masyarakat datang dan bertobat kepada Tuhan . Di akhir minggu pertama itu 200 orang lebih menyerahkan dirinya kepada Tuhan Yesus . 

 

Kemudian terjadi banyak pertobatan dan mukjizat kesembuhan di kota itu . Jemaat dari pendeta Thomas Muthee bertambah banyak dan ia memindahkan kebakttian ibadah di basement sebuah toko . Di tempat itu diadakan kegiatan doa syafaat untuk 24 jam.

 

Iblis tidak senang dengan kebangunan rohani dan menggerakkan dukun bernama Mama Jane . Mama Jane menyerang balik dengan santet . Lalu pendeta dan jemaat bersepakat untuk berdoa supaya dukun Mama Jane itu bertobat atau meninggalkan kota. Setelah bebrapa hari kemudian itu Mama Jane dikdatangi polisi. Lalu beberapa minggu kemudian dukun itu pergi meninggalkan kota .

 

Kemudian kuasa Tuhan menaungi kota Kiambu .   Tingkat kriminalitas menurun drastis dan banyak orang yang bertobat . Bar- bar tutup dan menjadi gereja . Pelacur, perampok , pelaku kriminal dan pemabuk itu banyak yang datang kepada Tuhan Yesus untuk bertobat dan memberikan hidupnya kepada Tuhan Yesus . Banyak warga yang bersemangat ke gereja untuk memuji Tuhan . Terjadi pertobatan sekitar puluhan ribu orang yang bertobat di kota Kiambu .Gereja makin berkembang bahkan ada 1 gereja yang memiliki 5.000 jemaat padahal dulu rata- rata gereja di Kiambu punya jemaat 30 – 40 orang .

 

Kiambu makin makmur dan aman . Banyak orang dari Nairobi datang untuk membeli rumah di Kiambu dan populasi naik jadi 30 persen . Banyak doa yang dilantunkan dari kota itu .Tiap hari lebih dari 400 pendoa syafaat berkumpul untuk berdoa syafaat muali dari jam 6 pagi . Ini dilengkapi dengan doa Jumat malam dan pertemuan Rabu malam . Jadi doa sungguh- sunguh kepada Tuhan yang dilakukan dengan tekun itu dapat mengubah suatu kota .

 

 Kebangunan rohani di Cali , Kolombia

 

Kota Cali dikenal sebagai salah satu pusat obat bius dunia , sering terjadi korupsi , perdagangan obat bius, kekerasan , pembunuhan dan banyak dosa lainnya . gereja merasakan kekerasan itu .Banyak kartel penguasa perdaganagn obat bius (obat terlarang) di kota Cali .  Para bos kartel itu sering memberi uang suap kepda aparat dan pejabat di kota dan memproduksi kokain atau heroin .

 


Para pemimpin kartel obat bius itu tinggal di perumahan mewah di Mc Millan . Dimana perumahan itu dikelilingi oleh tembok tinggi  . Keluarga Orejuela Rodriguez sebagai pemimpin kartel obat bius di cali itu tinggal di Mc Millan . Mereka dulu mengontrol perdagangan ekspor kokain dengan penghasilan 500 juta dolar perbulan . Ekspor kokain Kolombia itu 1.000 ton per tahun ke benua Eropa dan Amerika . Organisasi kartel Cali itu adalah perusahaan pengedar narkoba yang terkaya dalam sejarah Kolombia . Dimasa itu orang mudah dibunuh . Jurnalis juga bisa dibunuh kalau melaporkan kegiatan mafia di Kolombia. Mereka bisa menyogok aparat keamanan dan pejabat . Mafia narkoba punya 1.200 properti di Cali .

 

Lalu para pendoa syafaat berkumpul untuk berdoa di Cali . Ruth Ruibal dan suaminya bernama Julio itu disuruh Tuhan datang ke Cali tahun 1978 . Mereka ajak masyarakat untuk berdoa . Julio sang gembala gereja itu juga ajak para gembala untuk bersatu .Saat itu gereja- gereja di Cali belum mau bersatu dan para gembala itu bekerja sendiri – sendiri tidak mau kerjasama. Julio yang kecewa kepada para gembala mau mengundurkan diri dari asosiasi para gembala . Tapi Tuhan menyuruh Julio untuk mengampuni. Julio mendatangi para gembala dan meminta pengampunan .

 

Lalu para gereja mulai bersatu dalam doa . Seseorang membawa peta tentang kota lalu dibagi dalam beberapa zona. Mereka mempelajarai permasalahan di tiap zona wilayah . Akhirnya mereka menemukan bahwa adanya okultisme (sihir) di kota itu da para mafia kartel narkoba itu adalah para pelanggan dari dukun. Para gembala gereja lalu bersatu dalam malam doa dan penyembahan . Pertemuan doa semalam suntuk pertama itu pada tahun 1995 disuatu aula yang luas . Mereka berdoa untuk melawan penguasa kegelapan yaitu setan- setan juga berdoa untuk kesatuan gereja .Walikota juga hadir di tempat itu dan berkata Cali adalah milik Yesus Kristus . Juga ada konfirmasi dari Tuhan Roh Kudus di acara doa itu .

 

Lalu setelah pertemuan itu jumlah pembunuhan berkurang bahkan akhir pekan tidak ada kasus pembunuhan. Biasanya kasus pembunuhan itu bisa 15 kasus orang yang dibunuh dalam 1 hari juga rata- rata belasan orang mati dibunuh taip hari. 10 hari kemudian setelah acara doa itu raja obab bius ditangkap . Tuhan mengubah kota sehingga jumlah pembunuhan berkurang drsatis . Para pemimpin gereja lalu menyewa stadion sepak bola yang kapsitas 55.000 orang untuk acara KKR kota Cali .  Lalu 60.000 orang berdoa dan menyembah Tuhan dalam acara KKR . Musim panas 1995 itu lalu pemerintah Kolombia menyatakan perang melawan kartel narkoba.  Lalu 6.500 tentara diterjunkan ke Cali dan dalam 9 bulan itu 6 dari 7 bos kartel obat bius itu ditangkap .

 

Julio sang tokoh revivalis itu diancam mau dibunuh oleh tetangganya karena masalah kepemilikan rumah . Julio lalu akan berdoa dan berpuasa untuk masalah itu . Pada hari ke 3 puasa itu Tuhan bilang bahwa akan ada kerusakan yang besar tetapi dari perbuatannya , kebanguan rohani di Cali akan berkembang . Pendeta  Julio dalam perjalanan untuk pertemuan para gembala . Lalu saat ia berjalan menuju ke gereja itu ada 2 orang yang sudah menunggunya itu lalu menembak mati pendeta Julio . Pendeta Julio meninggal jatuh dijalan dan kepalanya berdarah . Iblis jelas tidak senang dengan Julio dengan menggerakan orang untuk menghabisi nyawa pendeta Julio tahun 1997 .

 

Tetapi kebangunan rohani di Cali terus berlanjut . Saat pemakaman Julio itu para gembala yang jarang bicara satu sama lain lalu saling berangkulan membentuk persatuan dan berjanji tidak akan ada suatupun yang memisahkan persatuan itu . Persatuan ini telah mencapai 200 pendeta dan menjadi tulang pungung jaringan doa kota.  Tuhan terus memulihkan kota Cali . Korupsi dan penjualan obat terlarang mulai menurun drastis .

 

Tiap malam itu sekitar 60.000 orang datang dan berkumpul untuk berdoa dan menyembah Tuhan Yesus. Ada 15.000 orang lain yang dilarang masuk karena stadion itu kelebihan pengunjung . Tetapi 15.000 orang lain itu membentuk barisan mengelilingi stadion selama beberapa jam . Banyak jiwa- jiwa yang bertobat dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat dan mulai rajian menyembah Tuhan Yesus.

 

Mario Jinete seorang motivator terkenal yang dulu penganut aliran New Age juga bertobat menerima Tuhan Yesus . Walikota lalu tidak lagi mengenakan tarif sewa stadion untuk acara kebaktian . Gereja dianggap mampu membawa pengaruh positif bagi kota.  Pesta tradisonal Cali 10 hari yang berisi mabuk- mabukan dan pesta pora itu diganti dengan acara kebaktian menyembah Tuhan . Pemerintah mengizinkan velodrome dipakai untuk acara kebaktian beserta sound system dan keamanan . Banyak kalangan atas di kota Cali menerima Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat . Dulu adalah hal konyol di kota Cali  jika membicarakan Injil tapi berubah dimana orang- orang jadi suka membicarakan Injil Firman Tuhan dan tentang Tuhan .

 

Berbaris bagi Tuhan Yesus di jalan – jalan kota itu terjadi dan orang Kristen berkumpul di taman untuk berdoa dan menyembah Tuhan . Banyak orang yang masuk gereja dan jumlah jemaat bertambah banyak . Ada 1 gereja yang melayani 35.000 orang . Tuhan memilih Cali untuk diubahkan  dan itu tanda bahwa Tuhan mampu mentransformasi suatu masyarakat jika masyarakat itu bertobat.