Artikel Kristen - Revival- Kebangunan Rohani

Artikel Kristen
Revival- Kebangunan Rohani
sumber : buku Revival - Kebangunan Rohani Indonesia
terbitan Media Glory 2010




Revival - Kebangunan Rohani Indonesia

Dunia ini tidak pernah lepas dari campur tangan Tuhan. Itu karena Tuhan yang telah
menciptakan dunia beserta semua kehidupan yang ada didalamnya.  Semua manusia
adalah ciptaan Tuhan dan semua perbuatan manusia dihitung dan diawasi oleh Tuhan.
Seringkali kita sebagai manusia berbuat dosa secara sadar atau tidak sadar walaupun
Tuhan terus melimpahkan kasih-Nya kepada kita.

Kadang kita menganggap hidup ini kejam dan kadang manusia merasa Tuhan tidak
memperhatikan kita. Kita harus percaya bahwa Tuhan peduli pada kita dan kasih Tuhan Alllah ada  pada kita tiap hari. Kita dapat melihat hasil karya Tuhan sebagai lambang kasih-Nya pada nafas hidup yang diberikan-Nya, matahari ciptaan-Nya yang menerangi bumi, serta pada organ tubuh kita (jantung, paru-paru, ginjal ) yang telah diciptakan oleh-Nya . Untuk itu kita harus bersyukur setiap hari kepada Tuhan Yesus .

Kita harus mengetahui sifat Allah adalah Maha Kasih yang memberikan kasih-Nya
kepada semua manusia baik oran jahat ataupun orang benar. Tetapi kita juga harus menyadari bahwa selain Allah itu kasih tapi Allah itu juga adil yaitu Tuhan akan membalas semua perbuatan manusia. Bagi yang berbuat jahat akan mendapat hukuman  dari Tuhan (Keluaran 34:6-7)  .

(Bilangan 14:18 ) TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran, tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan Ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat.

Sejak manusia pertama (Adam dan Hawa) jatuh dalam dosa maka semua keturunan manusia mulai dapat mengalami kematian, luka, penyakit , penderitaan, bahkan dapat mengalami bencana alam. Bumi sudah terkutuk oleh banyaknya dosa manusia maka bumi mengalami hukuman Tuhan dari bencana alam sampai bencana kemanusiaan (krisis ekonomi, perang ) .

(Imamat 18:25) Negeri itu telah menjadi najis dan Aku telah membalaskan kesalahannya kepadanya, sehingga negeri itu memuntahkan penduduknya.

Selama ribuan tahun dosa manusia terus bertumpuk sampai zaman ini sehingga hukuman keadilan Tuhan bertambah berkali- kali lipat bagi bumi. Di zaman ini makin sukar seperti banyaknya perang, penyakit, kelaparan dan bencana alam tetapi Tuhan tetap mencurahkan kasih-Nya dalam bentuk kebangunan rohani. Tuhan Yesus mendatangkan kebanguna rohani dari masa ke masa sehingga banyak yang bertobat menerima keselamtan dari Tuhan Yesus . Penyesatan, penganiayaan bahkan masa  bencana dunia tidak akan dapat menghentikan kebangunan rohani dari Tuhan.

 Jadi ditengah hukuman Tuhan pada dunia ini , Tuhan tetap mencurahkan kasih-Nya
dalam bentuk kebanguan rohani atau penuaian akhir dimana puluhan juta jiwa bertobat
tiap tahunnya. Selain itu Tuhan juga mencurahkan kasih-Nya dengan banyaknya mukjizat dari Tuhan, berkat, pemulihan bagi manusia. Tuhan juga mempersiapkan
masa pengangkatan dimana jemaat gereja Tuhan yang setia akan diangkat ke sorga .

Kebangunan rohani atau masa penuaian (revival) dan masa pengangkatan (tribulation)
telah dinubuatkan Tuhan dan tertulis dalam Alkitab.


Ciri Kebangunan Rohani Yang akan datang Yaitu

a). Banyak orang akan haus akan firman Tuhan

(Amos 8:11). "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.


b). Kuasa Roh Kudus Akan dicurahkan

(Kisah Para Rasul 1:8) Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."


c). Mukjizat Tuhan Dinyatakan Dalam Penginjilan


(Kisah Para Rasul 14: 3b)……………… Dan Tuhan menguatkan berita tentang kasih karunia-Nya dengan mengaruniakan kepada mereka kuasa untuk mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat.


(Yohanes 6:2) Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia, karena mereka melihat mujizat-mujizat penyembuhan, yang diadakan-Nya terhadap orang-orang sakit

Tuhan mendatangkan banyak mujizat termasuk kesembuhan, kebangkitan orang mati,menyembukan mereka yang lumpuh . Tuhan juga mendatangkan banyak mukjizat di langit misalnya salib api di langit .


(Kisah P. Rasul 2:19) Dan Aku  akan mengadakan mujizat-mujizat di atas, di langit dan tanda-tanda di bawah, di bumi: darah dan api  dan gumpalan-gumpalan asap.


d). Tuhan Akan Membangkitkan Rohani Umat-Nya

(Yehezkiel 37:10) Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.


Sebelum Tuhan memberi kebangunan rohani pada umat-Nya maka Tuhan akan berusaha

membersihkan gereja-Nya dari segala macam kenajisan dosa melalui teguran (Wahyu 3:18), penghakiman (1Petrus 4:17) dan guncangan   percobaan (1 Korintus 10:13)




e). Banyak Jiwa yang Bertobat dan Injil Akan Diberitakan


(Matius 24:14) Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan  di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

Tuhan juga menubuatkan bahwa ratusan juta jiwa akan masuk sorga dan tiap suku,

bangsa, kaum dan bahasa akan ada perwakilan dari mereka di sorga ( Wahyu 7:9)             


Revival atau kebangunan rohani adalah masa dimana Tuhan mencurahkan kuasa-
Nya untuk memulihkan faktor rohani manusia sehingga banyak terjadi orang
yang bertobat dan semangat untuk beribadah ,hidup kudus dan melayani
Tuhan Yesus makin bertambah.

Dalam kebangunan rohani juga Roh Kudus akan dicurahkan pada manusia sehingga
mereka dapat melakukan mujizat (Kisah Para Rasul 2: 17-19 dan Ibrani 2 :4). Peristiwa kebangunan rohani dapat terjadi di gereja, di suatu suku, bangsa , negara bahkan benua .

Kebangunan rohani ( revival ) memang berhubungan dengan istilah pemulihan . Tuhan
telah berjanji akan memulihkan negara- negara yang ada di bumi sebelum hari kiamat
tiba. Pemulihan negeri yang akan dilakukan Tuhan bukan hanya terjadi dalam bidang agama dan rohani tetapi juga terjadi dalam bidang politik, ekonomi, kesehatan ,sosial, budaya, dan lingkungan .  Akan ada banyak orang yang dipulihkan sehingga mereka
yang dulu hidup diluar Tuhan ( foto diatas) akan menjadi pengikut Tuhan Yesus dan mereka akan hidup diberkati oleh  Tuhan . Menurut prediksi , tiap hari 150.000 orang
bertobat pada Kristus atau 54 juta lebih orang tiap tahun bertobat pada Tuhan Yesus .

Tentang pemulihan suatu negeri adalah hal yang diinginkan Tuhan bahkan telah di janjikan oleh Tuhan .Umat Tuhan diwajibkan Tuhan untuk berdoa dan memohon
kepada Tuhan supaya negeri mereka dipulihkan ( baca ayat- ayat dibawah ini ) .

( Mazmur 85 : 5 dan 13 )
85:5  Pulihkanlah kami, ya Allah penyelamat kami, dan tiadakanlah sakit hati-Mu kepada kami.
85:13 Bahkan TUHAN akan memberikan kebaikan, dan negeri kita akan memberi hasilnya.

(2 Tawarikh 7:14) dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.


Mengapa Harus Ada Pemulihan di Indonesia ?

Sebagian besar umat Kristen ( umat Katolik, Protestan,Pantekosta, Ortodox dan sebagainya) sudah sangat puas melihat keadaan Indonesia seperti  ini. Banyak diantara mereka yang tidak peduli untuk memenangan jiwa- jiwa yang ada di sekitar mereka seperti di tempat kerja, tempat
pendidikan, para tetangga dan sebagainya.

Penyebab jemaat gereja tidak peduli pada  kebangunan rohani dan pemulihan bagi bangsa
dan negaranya adalah :

- Jemaat gereja memiliki banyak masalah dan sering menghabiskan energi untuk
  konflik dalam  pelayanan di gereja, keluarga, tempat kerja dan sebagainya.

- Mereka juga sibuk dengan kesenangan duniawi dan urusan duniawi (foto diatas)

- Mereka menganggap bahwa keadaan negeri mereka sudah cukup baik dan mereka
  menganggap bahwa upaya pemulihan negeri dapat menghasilkan masalah baru .

Di bawah ini adala data- data mengenai permasalahan Indonesia dan merupakan
penyebab mengapa perlu ada pemulihan dan kebangunan rohani di Indonesia .

- Pada tahun 2009 terdapat  62 juta orang Indonesia miskin dengan pendapatan kurang dari Rp.10.000/ hari. Kelaparan dan kurang gizi menimpa 5- 10 juta orang Indonesia .

 - Sejak tahun 2001, kasus aborsi rata- rata di Indonesia 2.300.000 tiap tahun . Dari tahun 1970 – 2010, lebih dari 40 juta janin- bayi yang digugurkan di Indonesia

 - 20 juta pemuda-remaja pernah jatuh dalam percabulan pada periode 1996-2009.
Lebih dari 50 juta orang Indonesia (tua atau muda) pernah jatuh dalam dosa percabulan
semasa mereka masih hidup dalam periode tahun 1970- 2010 .

- Ada 3 juta pelacur wanita dan 7,5 juta pria pelanggan sex dengan WTS atau dengan selingkuhan. Jumlah perceraian di Indonesia lebih dari 140.000 kasus tiap tahunnya (data 2010)

- Di Indonesia , tercatat ada lebih 3 juta manusia ( bukan bayi ) yang telah dibunuh dalam perang, kerusuhan, kasus kriminal dan sebagainya ( periode tahun 1950- 2010)

- Rata- rata kasus kriminal tiap tahunnya minimal yaitu 110.000 kasus pencurian, 2.500 kasus penculikan , 2.500 lebih kasus pemerkosaan

- Tahun 2005 ada 100.000 siswa ikut tawuran. Di Jakarta ( ibukota Indonesia ) pada tahun 2010 pernah terjadi beberapa kasus tawuran warga ,klub sepakbola, tawuran anak sekolah yang menewaskan beberapa warga .


Betapa besar permasalahan Indonesia dan juga negara lainnya dari hutang darah, hutang
dosa yang mengakibatkan berbagai jenis kutuk dari kutuk penyakit, kutuk kemiskinan dan
kutuk lainnya . Kita sebagai umat Tuhan harus peduli dengan kondisi negeri yang
sedang terjadi .

Di jaman yang makin sukar dan jahat ini Tuhan membutuhkan manusia yang bersedia
berdoa bagi negerinya supaya terjadi banyak kebangunan rohani dimana banyak yang bertobat, pemulihan ekonomi dan berdoa supaya negeriya dilepaskan dari kutuk

Ada 3 efek negatif yang terjadi jika umat Kristen tidak memiliki keinginan untuk berdoa untuk pertobatan jiwa- jiwa dan tidak mau memberitakan injil supaya mereka bertobat kepada Tuhan Yesus . Tiga efek negatif untuk umat Kristen itu yaitu :

* Tuhan akan murka dan menuntut pertanggungjawaban dari kita ( Yehezkiel 33 :6)

(Yehezkiel 3:18) Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! --dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.

* Kota tempat tinggal kita akan mendapatkan hukuman dari Tuhan (Yehezkiel 22;30)
Jika dosa- dosa di kota/desa atau negeri kita sudah mencapai pucaknya maka Tuhan
akan mengadakan hukuman (bencana alam, perang, penyakit , krisis ekonomi ) . Kita juga merasakan efeknya yaitu hidup tidak tenang, untuk mencari nafkah makin susah dan kita ikut mengalami kerugian ekonomi karena negeri kita mendapat kutuk hukuman dari Tuhan. Sebagai contoh Lot mengalami kerugian ekonomi karena rumah dan hartanya yang ada di kota Sodom ikut dihancurkan Tuhan

* Orang durhaka akan makin menyesatkan dan menyerang umat Tuhan
Orang durhaka akan makin menyesatkan umat Tuhan akibatnya kita atau keluarga kita mungkin dapat terjerumus dalam dosa . Mereka juga dapat menganiaya umat Tuhan. Untuk itu kita harus berdoa supaya banyak orang dimenangkan untuk Tuhan .



Masa Pemulihan dan Hukuman atau Masa Berkat dan Kutuk
Apa yang ditabur oleh suatu negara atau derah maka itu yang akan dituainya. Kadang suatu daerah diberkati luar biasa dalam bidang ekonomi oleh Tuhan tetapi jika daerah itu berbuat dosa maka akan mendapat hukuman dari Tuhan.

* Hukuman Tuhan Atas Sodom dan Gomorah
Sebaga contoh penduduk Sodom dan Gomora yang makmur secara ekonomi tetapi penuh dosa percabulan . Tuhan lalu menegur penduduk Sodom dan Gomora dengan
membiarkan mereka diserang dan harta mereka dirampas oleh Kedorlaomer , raja negeri Elam. (Kejadian 14:9-11). Tetapi walaupun di tegur Tuhan oleh bencana perang tetapi penduduk Sodom dan Gomorah tidak bertobat . Tuhan akhirnya  menghukum penduduk Sodom dan Gomorah dengan hujan api sehingga mereka dan kota mereka hangus terbakar menjadi debu .

* Bali Mendapat Teguran
Contoh lainnya adalah propinsi Bali yang diberkati Tuhan luar biasa dalam hal industri pariwisata. Tetapi disana banyak sekali dosa sihir, korupsi, percabulan dan banyak diantara mereka menolak Tuhan Yesus. Tuhan akhirnya menghukum Bali dengan krisis ekonomi dan terjadilah bom bali 2002 yang menyebabkan industri pariwisata Bali terjadi penurunan turis asing selama Oktober 2002 sampai tahun 2004 Akibatnya banyak penduduk Bali yang menderita krisis ekonomi.

Tetapi akhirnya Tuhan memulihkan kembali Bali dan terjadi peningkatan ekonomi
sejak tahun 2005 . Tetapi dalam masa pemulihan ekonomi , dosa- dosa di Bali justru makin bertambah banyak. Jika Bali tidak bertobat maka akan mendapat hukuman yang lebih berat dari sebelumnya yaitu kehancuran kota- kota (Matius 10:15 )

* Hukuman Krisis Ekonomi di Indonesia
Pdt. Yesaya Pariadji mendapat penglihatan dari Tuhan Yesus bahwa karena terdapat 500 lebih gereja dibakar di Indonesia maka Tuhan menghukum Indonesia akan mengalami 3 ½ tahun krisis ekonomi. Indonesia memang pernah mengalami krisis ekonomi dari pertengahan tahun 1997 sampai tahun 2001 .

* Padang, Sumatera Barat di Indonesia
Sumatera Barat adalah salah propinsi yang penuh dengan dosa berhala, kekerasan , pencurian, percabulan dan sebagainya. Gereja di sana kadang dianiaya dan dibatasi dalam beribadah. Hamba Tuhan diancam akan dibunuh dengan  bayaran 50 juta tiap kepala . Para pembunuh bayaran sudah bersiap akan melakukan aksinya. Tetapi Tuhan beraksi dan
muncul dua mata di langit sebagai peringatan dari Tuhan bahwa Tuhanmurka atas dosa manusia

Setelah kejadian itu terjadilah  gempa di Padang , Pariaman dan daerah lain di Sumatera Barat yang menewaskan lebih dari 1.000 orang pada September 2009. Gempa di Sumatera Barat adalah hukuman dan juga peringatan bagi manusia agar bertobat (Yesaya 29:6)



Berkat- Pemulihan Atau Kutuk- Hukuman Bagi Negara
Tiap bangsa atau negara diberi dua pilihan oleh Tuhan yaitu ingin berkat – pemulihan
atau kutuk – hukuman dari Tuhan . Nasib suatu negara tergantung dari sifat perbuatan para warga negara itu. Jika warga negara lebih banyak yang berbuat dosa dan menolak Tuhan Yesus maka Tuhan akan mendatangkan hukuman yang dua kali lipat dari dosa yang diperbuat oleh negara itu (baca Yesaya 40:2 dan Wahyu 18:6).

(Yeremia 16:17-18)
 16:17 Sebab Aku mengamat-amati segala tingkah langkah mereka; semuanya itu tidak tersembunyi dari pandangan-Ku, dan kesalahan merekapun tidak terlindung di depan mata-Ku.
16:18 Aku akan mengganjar dua kali lipat kesalahan dan dosa mereka, oleh karena mereka telah menajiskan negeri-Ku dengan bangkai dewa-dewa mereka yang menjijikkan dan telah memenuhi tanah milik-Ku dengan perbuatan mereka yang keji."

Dosa penyembahan berhala dan dosa lain yang keji (percabulan kekerasan, penipuan,
pencurian dll) membuat suatu negeri menjadi terlihat najis dimata Tuhan dan Tuhan
berjanji membalas dua kali lipat dari dosa negeri itu. Sesuai ayat diatas mengatakan  Tuhan selalu memperhatikan perbuatan manusia yang ada di tiap negeri . Dosa suatu bangsa dan negara selalu ditimbang oleh Tuhan ( Daniel 5:26-28 ) . Hukuman Tuhan dapat berupa perang, bencana alam, penyakit, kelaparan terhadap negeri itu (Ulangan 28 :15-26, Yeremia 29:17-18) .

Hukuman Tuhan akan ditambah 7 kali lipat jika setelah negara itu dihukum masih saja terus berbuat dosa dan tidak bertobat pada Tuhan Yesus (Imamat 26:28) . Penduduk dari negeri itu juga masih harus menanggung hukuman Tuhan atas dosa- dosa yang dulu dilakukan semua nenek moyang mereka ( Yesaya 65:6-7 , Matius 23:35-36 ).

Dosa yang paling besar yang dilakukan oleh manusia di zaman ini adalah dosa penyesatan . Dalam Lukas 17:1-2 dapat ditafsirkan bahwa dosa penyesatan lebih besar dosa pembunuhan. Penyesatan yang dimaksud adalah mengajarkan dosa atau ajaran kepercayaan lain di luar keselamatan dari Tuhan . Jutaan orang tua mengajarkan ajaran berhala kepada anak- anakya dan jutaan orang Kristen berhasil disesatkan oleh orang duniawi untuk meninggalkan Tuhan Yesus. Akibat dari penyesatan  dunia itu sangat berbahaya karena dapat membuat orang masuk neraka .

Cawan Dari Tuhan
Dr. Jeff  Hammond  pernah menulis bahwa tahun 1999, ia mendapat penglihatan dari Tuhan bahwa ada 2 cawan yaitu cawan kebinasaan dan cawan penuaian. Tuhan  lalu mengatakan pada Dr. Jeff  Hammond bahwa :

1). Cawan kebinasaan sedang diisi oleh :
- tetesan besar dari orang Kristen yang tidak beriman , yang hidup dalam kemunafikan dan
  tidak mau bersatu
- tetesan kecil oleh dosa dan penganiayaan dari orang dunia

2). Cawan pemulihan diisi oleh :
- doa orang percaya   -  kesaksian orang percaya   - darah martir
- penaburan Injil        -  persatuan tubuh Kristus

Tuhan bertanya  kepada Dr. Jeff  Hammond,” Yang mana akan Ku –curahkan atas bangsa Indonesia ? Engkau (Gereja Tuhan di Indonesia) harus pilih  ?

Dalam kitab Wahyu ditulis ada dua cawan emas yaitu cawan doa  (Wahyu 2:8) yang berisi doa orang kudus dan cawan murka Allah (Wahyu 14:10, Wahyu 15:7). Jika dosa suatu bangsa mencapai pucaknya maka cawan murka akan ditumpahkan ke bumi sehingga terjadi hukuman atas suatu negara (Wahyu 16:1- 20).

Semua umat Kristen dipanggil Tuhan untuk terlibat dalam kebangunan rohani dengan
cara berdoa atau memberitakan Injil . Jangan seperti Lot yang hanya diam saja ,tidak
peduli dengan kebangunan rohani di Sodom dan akibatnya ia kehilangan harta dan rumah karena kotanya di hancurkan. Jangan seperti nabi Yunus yang kabur saat disuruh Tuhan untuk memberitakan injil . Akibatnya Yunus dihukum Tuhan yaitu dimakan oleh ikan Paus ( Yunus 1:15-17) .


Nubuat Kebangunan Rohani

Dibawah ini adalah adalah nubuat dari para hamba Tuhan yang diberi penglihatan dari Tuhan mengenai nubuat mengenai kebangunan rohani di Indonesia dan dunia .
* Morris Cerrulo telah menubuatkan bahwa banyak penduduk Indonesia yang akan bertobat kepada Tuhan Yesus sehingga agama Kristen akan menjadi agama yang terbesar di Indonesia . Itu artinya dimasa depan lebih dari 50 % orang Indonesia atau lebih dari 100 juta orang di Indonesia akan bertobat menjadi pengikut Tuhan Yesus .

* Juni 1998, Cindy Jacobs menubuatkan Indonesia akan menjadi Argentinanya dunia timur . Maksud nubuat itu adalah Indonesia akan jadi salah satu pusat kebangunan rohani di Asia Teggara bahkan di benua Asia

* Seorang hamba Tuhan di Indonesia pada tahun 2001 mendapat penglihatan bahwa kaki dian Allah yang ada di Korea Selatan telah pindah ke Indonesia . Kaki dian
melambangkan pusat kebangunan rohani. Itu artinya setelah dulu terjadi kebangunan rohani di Korea Selatan maka akan terjadi kebangunan rohani di Indonesia .

* Rick Joyner, Benny Hinn, Theresia Age dan Elizabeth menubuatkan akan terjadi
api kebangunan rohani di negeri selatan yaitu Indonesia (Yeh 20:46-48). Indonesia juga menjadi kereta Tuhan untuk membawa kebangunan rohani  untuk negera- negara sebelah utara sebagai penggenapan dari nubuat Tuhan dari Zakharia 6:8 .

* Samuel Doctorian tahun 1998, menubuatkan di seluruh benua Asia termasuk  China, Indonesia , India, dan negara lainnya akan berbalik kepada Kristus. Di Australia akan terjadi  kebangunan rohani yang dahsyat . Itu artinya ratusan juta orang di Asia akan berbalik kepada Kristus menjelang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya

* Beberapa hamba Tuhan di Indonesia yang menubuatkan tentang kebangunan rohani
di gereja Tuhan di Indonesia, kebangunan rohani generasi muda dan kebangunan rohani bagi bangsa dan negara Indonesia dimana banyak yang bertobat . Umat Tuhan akan berani berdoa dan bersaksi bagi bangsanya . Mukjizat Tuhan dan baptisan Roh Kudus akan dicurahkan berlimpah dan sebagian besar penduduk Indonesia akan menjadi pengikut Tuhan Yesus .

Ekonomi Indonesia juga dinubuatkan akan dipulihkan dan menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia yang disegani negara-negara lain . Indonesia juga dinubuatkan akan jadi salah satu pusat penginjilan di dunia dimana ikut mengirim banyak penginjil dalam jumlah besar ke seluruh dunia .


Referensi Ayat Tentang Kebangunan Rohani
Ayat yang berisi nubuat Tuhan tentang kebangunan rohani dimasa depan yaitu :

1). Kebangunan rohani akan terjadi di tiap suku, kaum, bangsa dan bahasa (Wahyu 5:9)

( Wahyu 7:9 ) Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka.

Banyak orang dari seluruh bangsa, kaum dan bahasa akan bertobat dan dipilih untuk  masuk sorga menemui Tuhan. Jumlah mereka mencapai ribuan laksa atau puluhan juta manusia ( Wahyu 5:11) dari berbagai suku bangsa . Itu artinya kebangunan rohani di akhir zaman akan menimpa seluruh suku bangsa di seluruh negara .

2). Banyak yang dipanggil tetapi hanya sedikit yang dipilih

(Matius 22:14 ) sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

Memang di akhir zaman Tuhan akan terjadi kebangunan rohani dimana ratusan juta manusia bertobat kepada Tuhan Yesus tetapi hanya sedikit yang dipilih untuk masuk sorga . Sebagian besar tidak masuk sorga karena masih melakukan dosa .


3). Kebangunan rohani akan menimpa negeri timur di pesisir laut (Yesaya 24:15-16)
Indonesia terletak di timur - selatan akan mengirim penginjil ( Zakharia 1:10, Kisah Para Rasul 1:8 ) dan membawa kebangunan rohani ke banyak negara di utara (Zakharia 6:8, Yehezkiel 46:9) , ke ujung bumi ( Yesaya 43:6) sampai ke Israel ( Lukas 11:31) .


4). Kebangunan rohani  akan terjadi di pulau – pulau (Yesaya 60 :9 &Yesaya 66:19 )

(Yesaya 51:5)  Dalam sekejap mata keselamatan yang dari pada-Ku akan dekat, kelepasan yang Kuberikan akan tiba, dan dengan tangan kekuasaan-Ku Aku akan memerintah bangsa-bangsa; kepada-Kulah pulau-pulau menanti-nanti, perbuatan tangan-Ku mereka harapkan.

Ayat diatas dapat diartikan bahwa Tuhan akan membawa keselamatan dan kelepasan
bagi pulau-pulau . Itu berarti akan terjadi kebangunan rohani di pulau- pulau dimana banyak orang akan dilawat Tuhan sehingga mereka bertobat. Negara yang terdiri dari kepulauan misalnya Philipina , Indonesia, Selandia Baru, Singapura , Madagaskar dan lainnya akan dilawat Tuhan sehingga banyak tejadi penuaian jiwa .

5). Kebangunan rohani  akan menimpa kaum Kedar  (Yesaya 42 :11-12)

(Yesaya 60:7) Segala kambing domba Kedar akan berhimpun kepadamu, domba-
domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah-Ku sebagai korban yang berkenan kepada-Ku, dan Aku akan menyemarakkan rumah keagungan-Ku

Kedar dan Nebayot adalah anak dari Ismail yang merupakan leluhur dari bangsa Arab.
Ayat diatas dapat diartikan bahwa keturunan Arab dan pengikut ajaran Kedar akan berbalik kepada Tuhan . Keturunan Arab memang dulu pernah menjadi penguasa dari kerajaan –kerajaan kuno di Indonesia. Sebagai contoh yaitu sultan kerajaan Aceh,  sultan dari kerajaan Demak (Raden Patah dan Sultan Trenggana), sultan di Palembang, Giri, Banten dan Cirebon (Syarif Hidayatttulah) dan sebagainya yang merupakan  keturunan Arab. Mereka  terlibat dalam penyebaran ajaran Kedar di Indonesia

Kebangunan Rohani Di Masa Lalu
Ada banyak kisah kebangunan rohani di masa lalu termasuk dalam kisah sejarah di Alkitab . Sebagai contoh dimana Yunus diutus Tuhan untuk memberitakan tentang
hukuman Tuhan akibat besarnya dosa kota Niniwe (gambar atas). Akibat pemberitaan itu raja dan seluruh penduduk kota Niniwe langsung bertobat kepada Tuhan .

(Yunus 3: 4-5 )
3:4 Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan."
3:5. Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa dan mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung.

120.000 orang bertobat kepada Tuhan dan itu adalah salah satu kebangunan rohani pada zaman Perjanjian Lama . Akibat kebangnan rohani itu maka  kota mereka diselamatakan dari hukuman Tuhan. Kebangunan rohani dapat menyelamatkan suatu kota, bangsa , negara dan banyak jiwa- jiwa dari hukuman Tuhan dan api neraka.

Pada zaman raja Yosia dari kerajaan Yehuda ( 2 Raja– raja 22 :16-20 ), Tuhan murka
atas dosa Israel dan bermaksud mendatangkan malepetaka namun Yosia bertobat dan
menyesal atas dosa- dosa kerajaan Yehuda . Yosia juga memusnahkan berhala dan mengajak seluruh penduduk negeri Yehuda untuk kembali beribadah kepada Tuhan.
Kebangunan rohani itu menyebabkan Tuhan menunda hukuman bagi kerajaan Yehuda.

Kebangunan rohani lainnya yang pernah terjadi di masa lalu yaitu :
- Tahun 33 M, 3.000 orang Israel bertobat saat Petrus berkhotbah tentang Yesus. Lalu
  bertambah menjadi 5.000 jiwa bertobat ( Kisah Para Rasul 2:41 dan 4:4 )
- Tahun 300 M, jumah pengikut Kristus bertambah menjadi jutaan jiwa. Gereja terus
  menyebar ke Timur Tengah, Eropa dan Afrika Utara walau menghadap aniaya .

- Abad ke 5- 8 , ajaran Kristen Nestorian menyebar di Irak, Syria, Turki , Persia, India,
  Mongolia, China, Malaka, Sumatera dan Jawa .
- Abad ke 9-12 , ajaran Kristen menyebar ke Bulgaria, Rusia, Moravia, Skandinavia,
   Polandia dan seluruh daerah Eropa Timur .

- Tahun 1000, hampir semua penduduk Islandia bertobat menerima Tuhan Yesus .
- Tahun 1170, Waldo membagikan Alkitab dan membentuk perkumpulan Waldesian
  yang menyembah Kristus dengan sungguh-sungguh . Pengikutnya ribuan orang.
- Tahun 1450, Zerom Saravanola berkhobah pada ribuan orang dan banyak yang
   bertobat kepada Tuhan Yesus.
- Jemaat gereja di di daerah Silindung pada tahun 1865 di Sumatera Utara mulanya
   berjumlah 700 tetapi meningkat menjadi 10.000 orang pada tahun 1890 .



Kebangunan Rohani Di Nigeria Tahun 1990- 2010
Dalam Yesaya 18 :7, Tuhan telah telah menubuatkan akan ada bangsa jangkung dan berkulit mengkilat tapi lalim (ganas) yang negerinya dilintasi sungai akan bertobat menjadi pengikut Tuhan.  Nubuat dalam Yesaya 18 :7 adalah untuk ras negro di Ethiopia dan juga untuk bangsa- bangsa lain di Afrika termauk di Nigeria .

Tuhan menggenapi nubuat tentang kebangunan rohani di Afrika. Benua Afrika  pernah terjadi beberapa kali kebangunan rohani misalnya  puluhan suku di Uganda  bertobat
( 1885-1933) karena pengijilan dari Munubi . Peristiwa kebangunan rohani lainnya
di Afrika yaitu terjadi di Zululand tahun 1874, Abyssinia (Ethiopia ) tahun 1920-an,  daerah Egon di Nigeria tahun 1930, Zimbabwe timur tahun 1982, Mesir tahun 1991, Eriteria tahun 1993, Malawi tahun 2001 & 2004, Burkina Faso tahun 2006 .

Nigeria adalah negara yang mayoritas peduduknya beragama Islam. Disana sering terjadi aniaya yang menyebakan ribuan orang Krisen mati terbunuh. Misalnya kasus kerusuhan di Kano (1980) menewaskan 4.177 orang, kerusuhan di Kaduna (1992) menelan ribuan nyawa, kerusuhan di Kano (1991) menelan 2.000 nyawa orang Kristen. Tahun 1995, ribuan orang Kristen dibunuh di daerah Seyawa. Di Nigeria sendiri terjadi penyesatan sehingga ribuan orang Kriten disesatkan untuk pindah agama. Walaupun terjadi aniaya dan penyesatan tetapi Tuhan tetap mendatangkan kebangunan rohani di Nigeria dengan memakai para hamba Tuhan misalnya Reinhard Bonke.

Reinhard Bonke berdoa selama puluhan tahun supaya Tuhan mematahkan kuasa setan yang dapat menyebabkan orang menolak injil dan berdoa supaya banyak jiwa bertobat di Nigeria. Bonke mengadakan KKR untuk menuai banyak jiwa, misalnya  :

* KKR 6 hari di Benin City, Nigeria dihadiri oleh sekitar 2 juta manusia
* KKR 5 hari di Port Harcourt , Nigeria dihadiri 2.100.000 orang dan banyak yang
   bertobat dan mukjizat kesembuhan banyak terjadi .
* KKR 7 hari di Calabar, Nigeria dihadiri 1.600.000 orang dan banyak  yang bertobat
   termasuk Raja kerajaan Calabar , para pejabat istana , dan ratusan ribu rakyat .
* KKR di Aba, selatan negara Nigeria dihadiri 600.000 orang pada malam terakhir

4 acara KKR diatas terjadi tahun 1999 dan membuat 4 juta jiwa bertobat pada Kristus.
Pada tahun 2000, Reinhard Bonke kembali mengadakan KKR yaitu :

* KKR Great Gospel di Abuja dihadiri oleh lebih dari 1.475.000 orang.
* KKR 5 hari di Jos , Nigeria , tercatat 1.276.840 bertobat menerima Yesus Kristus
* KKR 6 hari  di Lagos, Nigeria dihadiri  lebih dari 6 juta orang dan 3.461.000 jiwa
   bertobat dan menerima Tuhan Yesus . Banyak orang Nigeria yang rela merobohkan
   rumahnya supaya jadi lapangan luas bagi tempat acara KKR tahun 2000.
* KKR 6 hari di Khartoum, Sudan dihadiri 210.000 orang dan 130.000 jiwa bertobat.


Kebangunan Rohani Lainnya Di Dunia
Negara Korea Utara dilawat Tuhan pada tahun 1907-1910 sehingga ratusan ribu orang bertobat dan menjadi pengikut Kristus. Korea Utara pernah terdapat 2.300 gereja yang memiliki 300.000 jemaat. Di masa itu Korea Utara sebagai pusat kebangunan rohani.

Agama Kristen di Korea Utara  mengalami kemunduran karena aniaya yang dilakukan penjajah Jepang (1910-1945) dan aniaya pemerintahan komunis (1948-sekarang) .
Tapi dalam masa aniaya oleh pemerintah , jumlah umat Kristen di Korea Utara terus bertambah sehingga jemaat Kristen mencapai lebih dari 410.000 orang (tahun 2001) .

Hal ini berbeda di Korea Selatan , yang negerinya lebih makmur dari Korea Utara.
Di Korea Selatan memang jarang terjadi aniaya terhadap gereja Tuhan tetapi banyak
sekali ajaran sesat dan penyesatan dunia misalnya banyaknya pelacuran dan pornografi
disana . Di Korea Selatan, setiap hari, paling sedikit ada lima belas gereja baru muncul.

* Tahun 1955, terdapat 1 juta orang Kristen dan 4,000 gereja
* Tahun 1965, terdapat 2 juta orang Kristen dan 8,000 gereja
* Tahun 1975, terdapat 4,3 juta orang Kristen dan 16,000 gereja
* Tahun 1985, terdapat 10 juta orang Kristen dan 32,000 gereja
* Tahun 1998, terdapat 20 juta orang Kristen dan lebih dari 60,000 gereja.
* Tahun 2010, ada 38 juta orang Kristen (70 % dari penduduk) & 120,000 lebih gereja.

Di Korea, orang-orang Kristen bangun pukul 4.00 pagi, dan berkumpul untuk berdoa pada pukul 4.30 pagi. Setiap jumaat malam, mereka mempunyai doa semalam suntuk. Mereka mempunyai mountain prayer meetings; mereka mempunyai retreat prayer meetings centre dimana-mana; mereka mempunyai 7-hari pertemuan doa sampai 100-hari pertemuan doa; mereka mempunyai banyak tema doa untuk kebangunan rohani.

Di China terdapat 10.000 orang Kristen yang telah dibunuh karena menerima Yesus (1980- 2003). Tahun 1949 ada 834.000 orang Kristen Chuna lalu naik menjadi 35 juta orang pada tahun 1982. Tahun 1987 menjadi 50 juta, tahun 1991 berjumlah 75 juta . Tahun 2001 jumlahnya melebihi 92 juta orang .  Dari 120 juta lebih umat Kristen China di tahun 2010  hanya 60-80 juta saja yang merupakan penganut Kristen sejati dan beribadah secara rahasia. Itu karena pemerintah komunis melarang gereja yang tidak terdaftar untuk beribadah . Mereka beribadah dan berdoa selama berjam- jam.

Mereka aktif mengirim tim-tim peninjilan untuk melakukan penginjilan ke desa- desa dan suku- suku terpencil dan melakukan mukjizat kesembuhan lewat kuasa doa . Di China ada 1 wanita desa yang memimpin dan membina lebih dari 7.000 gereja . Di China dilaporkan tiap hari ada 12.000 orang yang bertobat kepada Tuhan Yesus.


Kebangunan Rohani di Timor 1965- 1968
Pada masa 1965-1968 adalah masa konflik di Timor, Nusa Tenggara Timur dimana tentara berusaha menangkap bahkan membunuh pengikut partai komunis . Disana juga wabah kelaparan akibat musim kemarau berkepanjangan terjadi. Tetapi pada masa yang jahat itu Tuhan mendatangkan kebangunan rohani yang penuh mukjizat di Timor.

Pada bulan September 1965 di Timor, tepatnya di Soe, sebuah kota pegunungan dengan jumlah penduduk sekitar 5.000 orang. Seorang pemuda mendapat penglihatan dari Tuhan yang memerintahkannya untuk bertobat, membakar jimat-jimatnya dan mengakui dosa-dosanya di gereja Presbiter Reformed di Soe. Pemuda itu bertobat pada suatu Minggu di tahun 1965, dan ia menantang orang-orang lain untuk ikut melakukan hal yang sama. Ratusan orang pun ikut bertobat di gereja Presbiter .

Malam itu, seperti pada hari Pentakosta, orang-orang mendengar suara seperti angin ribut dan api muncul pada gedung gereja, yang kemudian mengakibatkan polisi segera menyalakan alarm kebakaran agar petugas kebakaran datang. Kerumunan orang datang untuk mematikan api itu, tapi ternyata gedung gereja tidak terbakar oleh api itu. Api itu merupakan mukjizat dari Tuhan (Kisah P. Rasul 2:19 ) Banyak orang yang bertobat, dipenuhi Roh Kudus dan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru pada malam itu.

Lalu pada tengah malam dibentuk 90 tim penginjilan.  Pemuda yang bersaksi di gereja pada malam kemarin itu memilih 23 orang muda lainnya untuk tergabung dalam sebuah tim penginjilan, bernama Tim Satu. Mereka memberitakan injil sepenuh waktu untuk mengunjungi desa-desa dan gereja, dan melihat ribuan orang bertobat dan sejumlah besar orang dilepaskan serta disembuhkan. Dalam satu kota saja, mereka melihat 9.000 orang bertobat dalam waktu 2 minggu.

Banyak kesembuhan dan mukjizat, seperti air menjadi anggur non-alkohol untuk perjamuan kudus, beberapa kesembuhan ajaib dari Tuhan , kelepasan dari praktek dukun dan kuasa setan, dan membangkitkan orang dari kematian lewat kuasa doa. Tuhan juga  memberikan petunjuk yang spesifik bagi tim-tim itu agar melayani dengan penuh kuasa . Tim itu juga sering dituntun oleh penglihatan cahaya pada malam hari ketika mereka sedang melewati hutan-hutan, mengalami perlindungan malaikat, pelipatgandaan persediaan makanan di rumah beberapa pendeta ketika tim penginjilan menumpang makan di sana sewaktu masa kelaparan.

Gereja Presbiter Reformed di Timor mencatat sejumlah 80.000 pertobatan pada satu tahun pertama kebangunan rohani di sana, dan setengah dari jumlah itu berlatar belakang komunis.. Mereka juga mencatat terdapat sekitar 15.000 orang yang telah disembuhkan secara sempurna pada tahun itu. Setelah tiga tahun jumlah petobat telah bertambah menjadi lebih dari 200.000. Dalam waktu 3 tahun itu, terdapat lebih dari 200 tim penginjilan yang dibentuk. Di sebuah pulau lainnya yang hanya terdapat sedikit orang percaya, 20.000 orang bertobat dalam waktu 3 tahun pertama kebangunan rohani itu..


Jumlah Orang Kristen Indonesia Meningkat
Gereja Pantekosta juga mengalami kebanguan rohani dan urapan Allah begitu dahsyat. pada periode 1965 sampai 1970-an. Banyak jemaat gereja yang bertobat dan mengaku dosa kepada Tuhan. Mereka kadang berdoa dan menyembah Tuhan sambil menangis .
Banyak yang dipenuhi Roh Kudus. Tuhan menyatakan mukjizatnya yaitu banyak orang sakit atau cacat yang disembuhkan Tuhan. Di sebuah gereja Pantekosta di Jakarta,  Tuhan mendatangkan mukizat api dari langit sehingga gereja bercahaya tetapi api itu tidak membakar gereja. Mukjizat Tuhan ini menggemparkan warga sekitar gereja.

Kebangunan rohani juga melanda Kristen aliran Protestan, Kharismatik, Katolik,
Ortodox, Injili dan sebagainya. Jumlah umat Kristiani bertambah dahsyat. Diperkirakan 7 juta orang Indonesia bertobat kepada Kristus dalam periode  tahun 1965- 1975.

Perkembangan jumlah orang Kristiani di Indonesia yaitu :
- Tahun 1955 terdapat sekitar 3-5 juta jemaat gereja
- Tahun 1975 terdapat sekitar 14 juta jemaat gereja
- Tahun 1984 terdapat sekitar 18-20 juta jemaat gereja
- Tahun 2004 terdapat sekitar 33 juta jemaat gereja
- Tahun 2010 terdapat lebih dari 38 juta jemaat ( sekitar 16 % penduduk Indonesia).   
   Gereja resmi yang diakui pemerintah ada 60.000 lebih . Itu belum termasuk gereja
   yang ada di mall, rumah , hotel , ruko dll yang jumlahnya  65.000 -80.000 gereja.
- menurut prediksi sekitar  2- 3 juta jiwa di Indonesia bertobat tiap tahun pada periode
  setelah tahun 2011



Tanda Kebangunan Rohani
Di zaman ini kita melihat tanda- tanda  akan terjadinya kebangunan rohani yaitu :

 - Tuhan membentuk pasukan doa
Pada tahun 1998, di dunia ada 35,3 juta pendoa syafaat dari 143.447 gereja  yang
berdoa untuk 100 kota di jendela 10/40. Ada 104 tim kota yang sering datang kota- kotay
yang ada dalam zona 10/40 untuk berdoa syafaat supaya terjadi kebangunan rohani.

Para pendoa syafaat membagi dunia menjadi12 zona wilayah yang harus didoakan agar
terjadi kebangunan rohani . Diseluruh dunia (thn. 2010) ada sekitar 200 juta orang
yang berdoa bagi kebangunan rohani di  dunia dan ada 25 juta yang melayani Tuhan
sebagai pendoa syafaat yang berdoa selama 2 – 3 jam tiap hari untuk pertobatan jiwa dan pemulihan bangsa dan negara.

Di dunia khususnya Asia telah terjadi gerakan doa nasional sampai internsaional yaitu :

 - Ada gerakan Doa Asia yaitu Prayer Wave Asia mulai tahun 1997 yang menyatukan
banyak gereja di negara – negara Asia untuk berdoa bagi kebangunan rohani di Asia .
- Ada JDN (Jaringan Doa Nasional ) yang berdoa untuk Indonesia yang dilakukan
umat gereja di Indoesia
- Muncul banyak gerakan doa JDS (Jaringan Doa Sekota ), WTJ (Wilayah Satu Juta)
yang dipelopori LPMI, PENDOA 2000 dll. Gerakan doa dan penginjilan dunia yaitu : International House of Prayer didirikan Mike Bickle, General International (oleh  Cindy Jacob), Youth With a Mission ( dipimpin Loren Cunningham ) dan lainnya.



Zona Jendela 10/40 adalah daerah yang dalam peta bumi yang terletak antara 10 derajat Lintang Selatan dan 40 derajat lintang utara yang membentang dari Afrika Utara , Timur Tengah dan Asia Timur . Daerah ini terdiri dari India, Pakistan, China, Korea, Saudi Arabia, Israel, Mesir, Iran,  Indonesia, Philipina , daerah Pasifik dan
sebagainya. Zona Jendela 10/40 terdapat lebih dari 4 milyar penduduk yang umumnya bukan beragama Kristiani dan merupakan sasaran utama dari doa kita

- Banyaknya KKR Di Dunia
Di Surabaya pada Mei 2009 dalam  acara "Asia for Jesus" yang diadakan
Gereja Mawar Sharon Surabaya.KKR selama tiga hari di bandara  lama Juanda tersebut dilaporkan menuai 4.256 orang yang menerima Yesus, 1.252 orang dibaptis saat itu
juga dan total dihadiri 52.000 orang. Banyaknya KKR (Kebaktian Kebangunan rohani) akhir- akhir ini yang banyak memenangkan banyak jiwa merupakan tanda Tuhan mau melawat manusia dan persiapan kebangunan rohani

Di seluruh dunia ada lebih dari 500.000 acara KKR tiap tahunnya dan terjadi jutaan mukjizat kesembuhan, serta membuat puluhan juta manusia untuk bertobat dari dosa dan menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamat.

- Banyaknya Tim Penginjil Yang Di Latih
Gereja maupun organisasi penginjilan di Indonesia telah banyak mengirimkan para
penginjil ke suku- suku terasing di Indonesia. Banyak jiwa dan suku- suku yang dimenangkan untuk Tuhan Yesus . Penginjilan salah satu alat yang dipakai Tuhan untuk mendatangkan revival (kebangunan rohani ). Di Indonesia telah dibentuk pasukan untuk Kristus yang dilatih untuk berdoa dan menginjil agar terjadi revival.
Dalam 15- 20 tahun kemudian diprediksi China akan mengirim 50.000 misionaris
(penginjil) ke luar negeri, Korea : 30.000 misionaris, Nigeria : 15.000 misionaris

Hal – hal Yang Dilakukan Tuhan Menjelang  Kebangunan Rohani

Sebelum Tuhan memulihkan negeri kita dan menarik banyak jiwa diluar Tuhan supaya bertobat, maka Tuhan akan memulihkan umat-Nya terlebh dulu dengan cara :

* Tuhan Memulihkan Bejana Kehidupan Kita

(Yeremia 18:4) Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat
di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali
 menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya.

Kita ini dulu adalah orang berdosa seperti bejana yang rusak di mata Tuhan . Tapi oleh kasih-Nya maka Tuhan membentuk kembali bejana kehidupan kita . Tuhan memperbaki, membersihkan , mengisi bejana kehidupan kita lalu dipakai dan kita dijadikan milik-Nya. Tuhan memulihkan ekonomi, keluarga , pekerjaan , nama baik,kehidupan sosial kita dan membersihkan kita dari dosa lalu diisi dengan kuasa Roh Kudus untuk melaksanakan pekerjaan Tuhan .

* Tuhan Membangkitkan Rohani Kita Yang Mati
Kita pernah mengalami kematian rohani dimana hidup penuh dosa, mengalami kutuk menderita dalam dunia dan jauh dai Tuhan . Rohani  kita pernah mati seperti tulang- tulang yang berserakan di tanah.Tetapi Tuhan berjanji bahwa Ia akan membangkitkan rohani kita yang
mati seperti membangkitkan tulang- tulang. Ia memberi tulang- tulang itu daging dan nafas hidup yaitu urapan Roh Kudus supaya hidup.

Tulang- tulang itu akan di kumpulkan Tuhan menjadi tentara yang besar. Tentara besar yang dimaksud adalah umat Tuhan yang diberi urapan supaya melaksanakan pekerjaan Tuhan yaitu memberitakan injil, melayani Tuhan dan berperang melawan Iblis lewat doa dan kuasa Roh Kudus.

( Yehezkiel 37 : 5 & 10 )
37:5 Beginilah firman Tuhan ALLAH kepada tulang-tulang ini:
 Aku memberi nafas hidup di dalammu, supaya kamu hidup kembali.
37:10 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.

* Tuhan Membersihkan Gerejanya
(Maleakhi 3:3) Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada TUHAN.

Sebelum Tuhan mendatangkan kebangunan rohani bagi bangsa  dan negara maka Tuhan akan memulihkan dulu umat-Nya dan gereja-Nya . Tuhan Yesus saat ini sedang memperbaharui gereja-Nya karena banyak yang hal kedagingan yang ada di gereja .
Kedagingan yang akan dibersihkan oleh Tuhan misalnya :

- Adanya dosa di dalam gereja (Roma 6: 6-7).
- Mempersembahkan doa, pujian dan harta dengan cara tidak benar (Maleakhi 3:3)
- Banyaknya roh perpecahan dan tidak mau bersatu (1 Korintus 1:10  )
- Mementingkan pikiran pribadi dan kurang mengandalkan Tuhan ( Yeremia 17:5)
- Tidak mau menjangkau jiwa yang ada di luar gereja (Kisah Para Rasul 4:29 )

Cara yang akan dipakai Tuhan supaya gereja-Nya dan umat-Nya bertobat dari dosa dan nafsu kedagingan
yaitu sebagai berikut :

* Melalui teguran (Wahyu 3:19)
Ini pernah  terjadi saat Tuhan Yesus memarahi para pedagang yang mencemari Bait Allah (Matius 21:1-12)               

* Melalui penghakiman (1 Petrus 4 : 17 )
Ini pernah terjadi saat Tuhan membunuh Ananias dan
Safira karena mendustai Tuhan ( Kisah P.Rasul 5:1-10)   

* Melalui guncangan dan percobaan (1 Korintus 10:13)


Hal – hal yang Harus Dilakukan Supaya Terjadi Revival

Revival atau kebangunan rohan merupakan hal yang diingnkan oleh oleh para revivalis. Revivalis merupakan manusia pengikut Tuhan Yesus yang terlibat dalam
kegiatan supaya terjadi kebangunan rohani , pemulihan negeri dan banyak jiwa yang
bertobat kepada Tuhan . Para revivalis juga harus peduli supaya terjadi kebangunan dan pemulihan dalam gerejanya sendiri .

Hal- hal yang harus dilakukan umat Tuhan agar terjadi kebangunan dan pemulihan dari Tuhan (pemulihan rohani, ekonomi, sosial dll)  bagi gereja , bangsa dan negaranya yaitu :

A). Miliki Sifat Hati Yang Benar
Sifat hati yang dibutuhkan oleh para umat Tuhan supaya dapat terjadi kebangunan rohani di gereja dan negara yaitu :


* Memiliki hati penuh kasih dan melekat pada Tuhan

Untuk memulai kebanguanan rohani kita harus memilik cinta dan kasih sayang mendalam kepada Tuhan . Cintailah Tuhan Allah dengan segenap hati dan jiwa.

(Matius 22:37) Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Jangan ada satupun hal didunia ini yang kita kasihi melebihi Tuhan. Kita harus memiliki rasa kasih pada Tuhan melebihi apapun juga . Karena kasih kepada Tuhan
maka kita akan melaksanakan kehendak Tuhan yaitu berbuah banyak dengan cara
membawa sebanyak mungkin  jiwa kepada Tuhan.

(Yohenes 15:5) Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Supaya kita berbuah banyak maka kita harus tinggal dalam Tuhan dengan cara
rajin berdoa, membaca dan melaksanakan firman Tuhan . Carilah Tuhan dan mohon belas kasihannya supaya hidup rohani dan ekonomi kita dipulihkan Tuhan

(Ayub 8:5- 6) Tetapi engkau, kalau engkau mencari Allah, dan memohon belas kasihan dari Yang Mahakuasa, kalau engkau bersih dan jujur, maka tentu Ia akan bangkit demi engkau dan Ia akan memulihkan rumah yang adalah hakmu.

Rajin berdoa memohon supaya  kehidupan rohani kita dipulihkan oleh Tuhan tiap hari sehingga kita melekat pada Tuhan dan mencintai-Nya dengan sepenuh hati.
Setelah rohani kita pulih maka kita dapat memohon Tuhan memulihkan ekonomi,
keluarga, kesehatan dan sebagainya . Lalu kita dapat memohon supaya Tuhan memulihkan gereja, bangsa dan negara kita agar bertobat dan diberkati  Tuhan.

* Memiliki hati penuh belas kasihan
Miliki hati yang penuh belas kasihan terhadap mereka yang terancam masuk neraka
dan menderita dalam kutuk . Berdoalah dengan supaya mereka dapat dituai untuk
kerajaan Allah .  Para hamba Tuhan di generasi terdahulu seperti nabi Abraham, Musa, Daniel dll dapat dianggap generasi penabur yang dulu  telah menaburkan benih Injil Kerajaan Allah . Generasi jaman ini adalah generasi penuai yang dipakai Tuhan untuk menuai banyak jiwa untuk Tuhan. Untuk kita dapat menuai banyak jiwa dengan cara berdoa dan memberitakan firman Tuhan dan Tuhan akan memberi kita upah .

(Yohanes 4 : 35- 38 )
4:35 Bukankah kamu mengatakan: Empat bulan lagi tibalah musim menuai? Tetapi Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai.
4:36 Sekarang juga penuai telah menerima upahnya dan ia mengumpulkan buah untuk hidup yang kekal, sehingga penabur dan penuai sama-sama bersukacita.
4:37 Sebab dalam hal ini benarlah peribahasa: Yang seorang menabur dan yang lain menuai.
4:38 Aku mengutus kamu untuk menuai apa yang tidak kamu usahakan; orang-orang lain berusaha dan kamu datang memetik hasil usaha mereka."

* Hidup Kudus ( 1 Petrus 1:14-16)
Kita dituntut Tuhan untuk hidup kudus.Tuhan akan mengabulkan doa- doa kita
untuk kebangunan rohani dengan syarat kita harus hidup kudus dan jauhi dosa .
Kita harus kudus dari penyembahan  berhala yaitu orang, benda, kegiatan
yang dicintai melebihi cinta pada Tuhan,
Dosa- dosa lain seperti perzinahan, dendam, pencurian baik dan segala
jenis dosa baik secara pikiran maupun  perbuatan harus dijauhkan .

* Memiliki visi , iman dan pengharapan yang besar (1 Tawarikh 17:19)

(Yehezkiel 43:8) juga tidak dengan meletakkan ambang pintu mereka dekat ambang pintu-Ku atau mendirikan tiang-tiang pintu mereka dekat tiang-tiang pintu-Ku, sehingga hanya dinding yang memisahkan Aku dari mereka………..

Jangan batasi kuasa Tuhan dengan dinding pikiran kita yang dipenuhi perkara duniawi.
Kadang kita merasa tidak percaya akan kuasa Tuhan apakah Tuhan dapat membuat
jutaan jiwa bertobat dan memulihkan negeri kita . Kita harus punya visi , iman dan
pengharapan yang kuat bahwa Tuhan sanggup memulihkan negeri kita baik secara rohani maupun jasmani .  Ingat Tuhan Yesus pernah berkata bahwa iman yang
sekecil biji sesawi dapat memindahkan gunung ( Matius 17 :20)

* Memiliki Kesabaran dan Tahan Menderita
Saat kita mulai aktif berdoa dan memberitakan firman Tuhan akan muncul masalah dan penderitaan . Penderitaan bisa saja muncul dari saudara seiman atau dari  orang luar yang menentang kita untuk melakukan kebangunan rohani. Kita dituntut Tuhan untuk memiliki mental yang sabar dan tahan menderita .Kita akan berkorban tenaga, waktu, pikiran, biaya dan menderita supaya terjadi kebangunan rohani. Bagi yang menabur dengan menderita akan menuai dengan gembira .

(Mamur 126 :5-6)
126:5 Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai.
126:6 Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya.

Kadang kita merasa tidak sabar dan bertanya mengapa Tuhan belum mendatangkan
kebangunan rohan bagi gereja dan negara padahal kita berdoa sudah lama. Ingat saat
kita berdoa atau bersaksi adalah usaha menanam dan menyiram supaya kebangunan
rohani terjadi dan Allah yang memberi pertumbuhan. Jika  waktunya telah genap maka
maka Tuhan akan mendatangkan kebangunan rohani yang dahsyat .

(1 Korintus 3:7) Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.

Pemulihan akan menjadi indah menurut waktunya Tuhan bukan menurut waktu yang kita inginkan. Sebagai contoh Reinhard Bonke harus sabar berdoa puluhan tahun supaya terjadi kebangunan rohani di negara Nigeria .

* Sifat Rendah Hati  (Amsal 3:34, Yesaya 57:15, Mazmur 149:4, Mikha 6:8)

* Memiliki Kesatuan Hati  (Filipi 2:2, Efesus 4:2-6)


B). Berdoa
Doa yang tekun , benar dan kudus merupakan salah satu cara untuk mendatangkan pemulihan jasmani dan rohani bagi keluarga, gereja, kota , bangsa dan negara. Jenis –
jenis doa yang harus dilakukan yaitu :

 * Doa Syukur dan Pujian ( Filipi 4:6, Mazmur 50 :4 & 23)
Sebelum kita memulai doa syafaat yang panjang maka kita memanjatkan doa syukur
dan pujian kepada Tuhan supaya Tuhan berkenan pada doa kita.

* Doa syafaat (Efesus 6: 18, Mazmur 2:8 ) 

(1 Timotus 2:1 & 4)
2:1. Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang,
2:4  yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan
 memperoleh pengetahuan akan kebenaran.

(Mazmur 68:10) Hujan yang melimpah Engkau siramkan, ya Allah; Engkau memulihkan tanah milik-Mu yang gersang,

Kita harus berdoa syafaat supaya banyak orang diselamatkan dan mengetahui kebenaran tentang Kristus . Berdoa supaya Tuhan  melimpahkan hujan kebangunan Rohani untuk pemulihan rohani dan jasmani bagi bangsa dan negara


Doa syafaat itu sepeti membajak tanah yang harus dilakukan secara terus menerus tiap hari sampai bertahun – tahun mengenai topik doa yang sama. Berdoa terus sampai doa kita dikabulkan oleh Tuhan. Doa syafaat harus dilakukan minimal 1 jam tiap harinya. Variasi dari berbagai macam doa syafaat seperti dibawah ini .

- Doa puasa total (Kisah Para Rasul 13:3)
Berdoa dengan tidak makan dan minum selama  satu sampai beberapa hari sesuai kemampuan kita. Sebelum memulai harus latihan puasa dahulu dan saat buka puasa harus makan makanan yang lunak ( tidak keras) supaya tidak menangu pencernaan .
Berpuasa sebagai tanda merendahkan diri pada Tuhan (Imamat 16:29) ,memohon belas kasihan Tuhan (2 Samuel 12:2) dan memohon supaya doa dikabulkan (Ezra 8:23)

- Doa semalam suntuk (Lukas 6:12)
Berdoa semalaman tanpa tidur dengan terus berdoa kepada Tuhan .

- Doa ratapan (Zakhaia12: 10-12, Yeremia 4:8 )
Berdoa sampai berteriak dan menangis memohon supaya Tuhan mengabulkan doa kita.
Berdoa sambil meratap atau menangis untuk meredakan murka Tuhan yang marah
atas dosa- dosa kita dan dosa bangsa dan negara kita .Berdoa sambil meratap juga untuk memohon supaya Tuhan jangan menghukum bangsa dan negara kita. Berdoalah dengan hancur hati sambil berteriak dan menangis agar lebih diperhatikan Tuhan .

(Yeremia 4:8) Oleh karena itu lilitkanlah kain kabung, menangis dan merataplah; sebab murka TUHAN yang menyala-nyala tidak surut dari pada kita.

(Mazmur 34:18-19) Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya. TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

- Doa bahasa Roh (1 Korintus 12:10, Roma 8:26)
Doa yang lahir dari Allah Roh Kudus dimana sesorang berdoa bukan atas kehendak
duniawi tapi atas dorongan Roh Kudus dan kita berbicara dalam bahasa Roh

- Doa berkelompok (Matius 18:19-20)
Doa yang dilakukan dua orang atau lebih supaya permohonan doa lebi didengar oleh Tuhan. Semain banyak jumlah orang yang berdoa bersama dengan topik yang sama maka akan semakin  doa itu didengar oleh Tuhan


* Doa Peperangan (Yosua 6: 6-16)
Doa peperangan adalah doa yang dilakukan sambil  bersorak dan memuji Tuhan supaya kuasa Tuhan turun menghancurkan kuasa setan supaya jiwa- jiwa terlepas dari cengkraman setan . Doa ini harus disertai doa bahasa roh secara berkelompok sampai berhasil. Doa jenis ini harus dengan hati yang kudus ( Mazmur 66:18)

* Doa Perhentian / Penantian (Mazmur 37:7a)
Doa yang efektif harus berjalan 2 arah . Artinya selain kita berbicara pada Tuhan lewat doa maka kita juga harus diam untuk mendengar suara Tuhan. Doa jenis ini   hanya diam meminta pimpian Roh Kudus untuk mendengar suara Tuhan (Yesaya 40 :31).


* Doa Pengakuan dan Minta Ampun

(Yesaya 65: 6-7a) Sesungguhnya, telah ada tertulis di hadapan-Ku: Aku tidak akan tinggal diam, malah Aku akan mengadakan pembalasan, ya, pembalasan terhadap diri mereka,atas segala kesalahan mereka sendiri,maupun atas kesalahan nenek moyangnya

Ayat diatas menunjukan Tuhan murka dan akan mengadakan pembalasan atas segala dosa kita dan dosa nenek moyang kita (generasi yang lalu). Kutuk hukuman dari Tuhan dapat berupa bencana alam, kelaparan, perang dan wabah penyakit. Untuk itu kita harus berdoa mengakui dan minta ampun atas segala dosa -dosa kita  Kita berharap melaui doa ini Tuhan mau menjauhkan hukuman atas kita dan negara kia .

(Yoel 2:13) Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya.

Selain itu kita juga harus mengakui dan minta ampun pada Tuhan atas :
* Dosa- dosa keluarga kita                                * Dosa- dosa orang di sekitar kita
* Dosa- dosa imam (pendeta) dan gereja kita   * Dosa nenek moyang kita
* Dosa raja (pemimpin ) negeri kita saat ini     * Dosa bangsa dan negara kita                                                   

(Ezra 9:6-7)
9:6 dan kataku: "Ya Allahku, aku malu dan mendapat cela, sehingga tidak berani menengadahkan mukaku kepada-Mu, ya Allahku, karena dosa kami telah menumpuk mengatasi kepala kami dan kesalahan kami telah membubung ke langit.
9:7a Dari zaman nenek moyang kami sampai hari ini kesalahan kami besar, dan oleh karena dosa kami maka kami sekalian dengan raja-raja dan imam-imam kami diserahkan ke dalam tangan raja-raja negeri………………….

Hal yang harus diingat adalah kita juga harus minta ampun atas dosa yang dilakukan oleh pemimpin negara dimasa lalu. Jika suatu pemimpin negara dimasa lalu pernah berhutang darah yaitu pernah membunuh orang yang tidak bersalah maka negara itu akan mendapat hukuman dari Tuhan. Sebagai contoh jaman Daud, pernah mengalami masa kelaparan 3 tahun itu karena dulu jaman Raja Saul pernah membunuh puluhan ribu suku Gibeon yang tidak bersalah.

(2 Samuel 21:1) Dalam zaman Daud terjadilah kelaparan selama tiga tahun berturut-turut, lalu Daud pergi menanyakan petunjuk TUHAN. Berfirmanlah TUHAN: "Pada Saul dan keluarganya melekat hutang darah, karena ia telah membunuh orang-orang Gibeon."

Dosa dan hutang darah negara oleh pemimpin di masa lalu jangan ditutupi tapi harus diakui dihadapan Tuhan . Misalnya di Indonesia pada zaman Orde Baru terdapat banyak banjir darah
pembantaian 2 juta PKI (1965-1971), operasi militer di Aceh, Papua dan Timor- Timur dan daerah lainnya yang banyak memakan korban. Selain itu dosa korupsi 350- 600 trilyun ; ada kasus perampasan tanah dan harta milik rakyat ; ada rakyat yang telah diculik , dilukai dan dibunuh ;  perusakan hutan dan segala jenis dosa lainnya.

Dosa yang dilakukan pemimpin negara dimasa lalu dan dosa oleh seluruh bangsa di masa lalu akan mendatangkan hukuman Tuhan . Satu-satunya cara untuk  untuk menghentikan hukuman Tuhan adalah dengan cara berdoa mengakui dosa pemimpin dan rakyat di masa lalu dan berpuasa memohon ampunan Tuhan untuk menghentikan hukuman yang akan di timpakan terhadap bangsa  dan negara tersebut ( Yoel 1:14-15 ). Kita juga harus minta ampun pada Tuhan atas segala kejahatan kita pada orang lain dan memberikan pengampunan bagi semua orang yang telah menyakiti hati kita .


C). Melakukan Penginjilan dan Mengadakan KKR
Penginjilan dan mengadakan KKR (Kebaktian kebangunan Rohani ) merupakan cara
aktif yang dilakukan umat beriman untuk menjaring banyak jiwa untuk Tuhan. Penginjilan dan KKR hendaknya dipersiapkan dengan jenis- jenis doa yang kuat  dan
harus dilengkapi dengan kuasa Allah Roh Kudus.

Bagi yang belum mendapat Roh Kudus hendaknya meminta kuasa Roh Kudus dari Tuhan (Kisah Para Rasul 1:8, Kisah P. Rasul 2:33, 8:15-17) . Dalam melakukan penginjilan dan KKR kadang akan mendapat aniaya. Aniaya dari orang fasik kadang dapat menimbulkan korban luka dan korban jiwa (martir). Luka akibat aniaya dan darah para martir justru akan makin mendatangkan kebangunan rohani yang dahsyat dimasa depan ( Yohanes 12:24-25) dimana banyak jiwa yang akan dimenangkan


Target Kebangunan Rohani
Saat terjadi kebangunan rohani yang dulu pernah terjadi di beberapa kota terdapat beberapa hal
sebagai berikut yaitu : banyak orang dijamah Tuhan sehingga berteriak dan menangis karena
menyesali dosa dan berdoa minta ampun pada Tuhan . Orang- orang diliputi rasa rindu pada
Tuhan sehingga mereka ke gereja sampai gereja penuh , mereka jadi suka berdoa, dan membaca
Alkitab . Banyak orang saling mengunjungi orang lain untuk minta maaf.

Banyak orang yang membayar hutang- hutang  mereka di masa lalu . Bar, bioskop, dan
tempat maksiat yang dulu ramai tiba- tiba jadi sepi karena sebagian besar penduduk kota berkumpul untuk berdoa.  Kejadian seperti itu pernah terjadi di jalan Azusa ; jalan Fulton, Amerika (1907) ; Wales, Inggris (1904)  ; Brownsvile di Florida, Amerika (1995) dan sebagainya . Kebangunan rohani seperti itu harus kita wujudkan dalam doa supaya terjadi juga di kota tempat tinggal kita .

(Amos 8 : 11)
8:11. "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.



(2 Tawarikh 7:14) dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku  disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku,  lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka,serta memulihkan negeri mereka