Artikel Kristen ** Firman Tuhan : 4 Mata Angin **


Artikel Kristen ** Firman Tuhan : 4 Mata Angin **

Sumber : Buletin  terbitan Yayasan Media Glory


Menurut Alkitab itu Tuhan akan mendatangkan 4 jenis angin bagi umat gereja di zaman ini. Empat jenis angin dari Tuhan dapat terjadi jika umat gereja rajin berdoa, hidup kudus , tahan uji dalam penderitaan dan setia melakukan kehendak Tuhan .









*  Angin Timur (Keluaran 10:13)
(Ayub  27:21) angin timur mengangkatnya, lalu lenyaplah ia; ia dilemparkannya dari tempatnya.


Angin timur itu dipakai Tuhan untuk membinasakan para musuh- Nya  (Ayub 27:21-22 ), mendatangkan  bencana kelaparan sebagai hukuman bagi orang berdosa ( Kejadian 47:21), mendatangkan belalang kepada  para musuh yaitu orang- orang yangm menganiayaumat percaya (Keluaran 10:13).

Angin timur pada zaman Musa dipakai Tuhan untuk membuat laut menjadi tanah kering sehingga umat Israel bisa menyeberang dan untuk mencampakan orang Mesir ke laut (Keluaran 14:21, 27- 28). Itu artinya angin timur dari Tuhan membuat jalan bagi umat beriman sambil  menghabisi para musuh yang mengejar umat Tuhan .

Pada akhir zaman nanti saat pasukan musuh dengan banyak kapal (pesawat dan
kapal laut)  menyerbu Israel  (umat pilihan Tuhan)  maka Tuhan memakai angin timur
untuk menghancurkan kapal- kapal penyerbu.

(Mazmur  48 :8) Dengan angin timur Engkau memecahkan kapal-kapal Tarsis.


* Angin Barat (Keluaran  10:19 )
(Keluaran  10:19 ) Maka TUHAN membuat angin bertiup dari jurusan sebaliknya, yakni angin barat yang sangat  kencang, yang membawa belalang itu dan melemparkannya ke dalam Laut Teberau: tidak ada satu belalangpun yang tinggal di seluruh daerah Mesir.

Angin Barat dipakai Tuhan untuk menyingkirkan banyak belalang  dalam hidup orang Kristen supaya disingkirkan dan  dibuang ke laut . Belalang itu dapat berarti setan, orang jahat ,  kutuk , masalah  atauh hal-hal yang menggerogoti ekonomi , kesehatan, kedamaian, iman  dan sebagainya . Artinya melalui angin barat itu Tuhan mampu membuang segala penyebab  masalah dalam hidup ini asal kita tetap setia dalam doa dan hidup kudus .

* Angin Selatan ( Ayub 37:17, Lukas 12:55)
(Ayub  37:17) hai engkau, yang pakaiannya menjadi  panas, jika bumi terdiam karena panasnya angin selatan?
Angin selatan itu mendatangkan hawa panas yang adalah  pertanda musim panas ( summer) . Menurut pengkhotbah  bernama Yesaya Gunawan itu summer berbicara tentang  rest in God (istirahat bersama Tuhan) .

Angin selatan yang membawa panas itu dinantikan orang yang kedinginan dalam musim dingin sehingga udara dingin dapat menjadi hangat . Kita berdoa agar segala hal yang dingin dalam hidup ini (dingin dalam kasih, ekonomi, kehidupan sosial, membeku dalam masalah serta dingin dalam rohani ) agar menjadi  panas lewat angin selatan dari Tuhan . Lalu menjadi hangat dan bergairah dalam Tuhan.

Jika angin utara mendatangkan hujan maka angin selatan itu mendatangkan awal  musim panas yang cocok untuk pertumbuhan tanaman. Musim panas itu cocok untuk memetik hasil tanaman dan makan buah dari kerja keras manusia di kebun sambil memadu kasih dengan kekasih sejati yaitu Tuhan yang datang ( Zakharia  9:14 b)

(Kidung Agung  4:16 )--Bangunlah, hai angin utara, dan marilah, hai angin selatan, bertiuplah dalam kebunku, supaya semerbaklah bau rempah-rempahnya! Semoga kekasihku datang ke kebunnya dan makan buah-buahnya yang lezat.

*Angin Utara
(Amsal  25: 23). Angin utara membawa hujan, bicara secara rahasia muka marah.

Angin utara dari Tuhan itu dapat membawa hujan . Kita perlu hujan dari Tuhan yang menumbuhkan tanaman, hujan mukjizat- kebangunan rohani , hujan lawatan dari Tuhan Roh Kudus. Kita butuh  hujan berkat berkelimpahan dari Tuhan ditengah kemarau panjang . Lewat hujan maka tumbuhan dapat berbuah sehingga bisa dipetik untuk masa penuaian (penuaian berkat dan penuaian jiwa- jiwa ).

(Yehezkiel  1:4). Lalu aku melihat, sungguh, angin badai bertiup dari utara, dan membawa segumpal awan yang besar dengan api yang berkilat-kilat dan awan itu dikelilingi oleh sinar; di dalam, di tengah-tengah api itu kelihatan seperti suasa mengkilat.
Angin dari utara juga dapat membawa awan yang penuh api dan sinar . Nantikan api - sinar kemuliaan dari Tuhan sehingga kita dapat menjadi terang yang menyinari kegelapan sehingga jiwa- jiwa dapat menuju jalan terang  yaitu kepada Tuhan Yesus.  

 * Hukuman Tuhan bagi negara dari 4 mata angin
(Yeremia  49:36) Aku akan mendatangkan atas Elam keempat angin dari keempat penjuru langit dan akan menyerakkan mereka ke segala mata angin ini, sehingga tidak ada bangsa yang tidak kedatangan orang-orang yang berserakan dari Elam.

Elam dari ayat diatas berbicara tentang negara yang penuh dosa dan menolak Tuhan. Artinya negara- negara dibumi yang penuh dosa,  menolak Tuhan dan tidak bertobat akan dihukum Tuhan . Tuhan dapat mendatangkan bencana dari 4 penjuru mata angin ( bencana dari utara, barat, selatan dan timur) sehingga para penduduk negara- negara itu akan mengungsi ke arah 4 mata angin ( utara, barat, selatan dan timur) . 





Serangan Angin , gempa dan api dari Iblis

Tuhan sanggup mendatangkan angin, gempa dan api untuk mendatangkan kebaikan sesuai kehendak-Nya .Iblis juga dapat mendatangkan angin, gempa dan api tapi untuk mendatangkan kehancuran bagi manusia .

1). Angin dari Iblis yang berarti ajaran sesat (penyesatan)

 

( Efesus  4:14 ) sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

 

Sesuai ayat diatas , angin itu berupa ajaran yang sesat yang dipakai Iblis untuk menyerang iman orang.Penyesatan dari Iblis berupa suara – suara setan dalam diri manusia supaya tidak percaya lagi kepada Tuhan.

Setan juga dapat memakai manusia sesat untuk menyesatkan manusia . Tujuan utama Iblis menyerang iman orang itu supaya iman manusia lenyap sehingga tidak percaya lagi kepda Tuhan. Jika orang tidak lagi punya iman atau tidak percaya lagi kepada Tuhan maka orang itu jika mati akan  masuk lautan api / neraka akhir (lihat Wahyu 21:8) .

 

Cara melawan angin penyesatan dari Iblis adalah :

 

* Memiliki iman yang kuat ( percaya penuh pada Tuhan )dan tidak bimbang

 

(Yakobus  1:6) Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.

* Mendengar dan melalukan perintah Tuhan

( Matius 7:24 – 25 )"Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.


2). Gempa dari Iblis yang berarti serangan bencana terhadap ekonomi manusia 

(Matius  24:7b) .......... Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.

 

Dalam Matius 24:7b tersirat bahwa kelaparan itu berhubungan dengan gempa bumi . Secara rohani, gempa itu

serangan bencana dari Iblis untuk merusak ekonomi manusia ( harta, bangunan , perabotan , kebun dan lainnya ) . Di alam roh sendiri itu ada beberapa jenis setan kuat yang tugasnya mendatangkan bencana alam (gempa, tsunami , banjir)  misalnya setan ukuran raksasa dan setan ular naga laut

 

Setan Dibalik Bencana Alam

Setan memiliki divisi kelompok khusus untuk membuat bencana alam . Saat di acara KKR di Indonesia, Tuhan memberi pewahyuan bahwa setan itu hendak mengoyang planet bumi . Penjelasan : ternyata jutaan setan yang kuat kalau bersatu maka bisa membuat planet bumi bergoyang secara keseluruhan . Untung saja, Tuhan bertindak menyelamatkan bumi sehingga rencana setan itu dibatalkan . Sehingga di tahun 2010- an itu tidak terjadi  guncangan planet bumi  yang berpotensi memakan jutaan korban jiwa.


Ada lagi sebuah penglihatan , bahwa ada setan ukuran raksasa yang lepas dari neraka dan  mau membuat gempa besar di amerika (kejadian ini sebelum tahun 2015) . Tetapi untung saja, para pendoa berdoa bagi Amerika sehingga Tuhan mengirim malaikat-Nya dan setan raksasa itu ditangkap malaikat dan dibuang sehingga gempa tidak terjadi .

 

Saat sebelum gempa Aceh 2004 , beberapa orang mengaku melihat setan raksasa besar yang setinggi gunung menginjak tanah lalu menuju laut. Setelah itu terjadi gempa tsunami besar. Sebelum terjadi gempa Yogyakarta 2006 itu ada penglihatan bahwa banyak setan berkeliaran di sana ( ada setan berbentuk kelelawar dan binatang lainnya ) lalu setelah itu terjadi gempa .

 

Rupanya sebelum terjadi bencana alam besar yang akan memakan banyak korban maka setan akan mengirim puluhan ribu sampai jutaan setan disuatu wilayah ke banyak rumah . Setan- setan itu dapat membuat bencana alam seperti gempa , longsor,  ikut merusak rumah - bangunan dan membantu membuat banyak orang tewas dalam bencana alam itu. Lalu tugas akhir mereka adalah membawa  jiwa – jiwa orang berdosa yan mati untuk menuju neraka .

 

Bukti setan mampu membuat bencana alam yaitu saat Iblis  mendatangkan api dari langit (meteor jatuh) membakar peternakan milik Ayub dan angin topan untuk membunuh anak- anak Ayub ( Ayub 1:12 , 16- 19).

Ada berbagai jenis setan yang sepesialisasi tugasnya membuat bencana alam . Misalnya setan berbentuk kelelawar. Juga setan raksasa (setinggi ratusan meter ) yang sanggup mendatangkan gempa skala 9 atau lebih.

Selain itu , setan- setan yang ada di gunung itu dapat memakai kekuatan mereka untuk membuat letusan gunung api. Di gunung es negara Islandia  itu ternyata ada pusat komando Iblis bagian bencana alam yang  untuk merencanakan bencana alam (gempa, tsunami) ke seluruh bumi dengan cara menggerakan lempeng bawah bumi .

Para setan penyebab bencana alam ini merupakan bawahan dari setan penunggang kuda hitam ( Wahyu 6:5 ). Pada umumnya mereka setan jenis ini berpakaian warna hitam walau ada juga berpakaian warna lain . Mereka sejak lama masih menunggu pimpinan mereka yaitu setan penunggang kuda hitam untuk turun dari sorga . Yaitu saat terbukanya meterai ke 3 supaya dia memimpin dan mengumpulkan para divisi setan pembuat bencana ini untuk membuat kerusakan bencana alam , kelaparan , krisis ekonomi yang lebih parah , lebih banyak dan lebih mengerikan dari sebelumnya . Mereka juga sanggup membuat hasil panen tanaman pertanian menjadi rusak dalam skala luas sehingga akibatnya harga makanan menjadi makin mahal .

 

Ada jenis setan- setan berbentuk belalang yang di dalam bumi dapat membuat tanah berlubang dan dari lubang tanah itu keluar asap (Wahyu (9 : 2-3) . Ada juga setan berwujud ular naga laut yang dapat membuat tsunami, badai laut, luapan ombak ke pantai menyeret manusia ke laut atau membuat kapal tenggelam. Kalau di Indonesia setan jenis ini berwujuh wanita cantik tapi tubuhnya dapat berubah jadi ular misalnya setan Nyi Roro Kidul , Nyi Nawangwulan dan lainnya

 

Sangat banyak sekali kerugian ekonomi yaitu jutaan rumah rusak, jutaan hewan dan tumbuhan mati dan kerugian ratusan triliunan dolar karena bencana alam dalam 50 tahun terakhir ini . Itu akibat ulah setan yang sering membuat bencana alam bahkan sebagian kecelakaan lalu lintas ternyata didalangi oleh setan. Menurut kepolisian RI , pada tahun 2006 itu ada sekitar 45.000 orang yang mati karena kecelakaan lalu lintas .

                    

Cara melawan gempa krisis ekonomi dari Iblis


(Yehezkiel  5:12a ) Sepertiga dari padamu akan mati kena sampar dan mati kelaparan di tengah-tengahmu;...

Walaupun seandainya sepertiga dari umat manusia (miliaran jiwa) mati karena kelaparan dan sampar di masa depan , tetapi Tuhan tetap mengasihi orang yang setia dan mencintai Tuhan  . Dalam krisis ekonomi Tuhan Yesus memberi petunjuk tentang pentingnya minyak dan anggur seperti ayat ini .


(Wahyu 6:6) Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."


Ingat dalam krisis ekonomi dimana harga makanan semakin mahal maka ingat minyak dan anggur dari Tuhan yang memiliki 3 pengertian  :

- Tanaman anggur dan minyak zaitun karena akarnya kuat maka dapat bertahan dalam angin.

  Seperti tanaman minyak (zaitun ) dan anggur yang memiliki akar yang kuat maka dalam hidup kita juga harus memiliki iman dan persekutuan ibadah yang kuat dalam Tuhan .

 

- Orang yang mengandalkan minyak berarti urapan Tuhan ( Ibrani 1: 9) dan anggur (lambang persekutuan manusia dengan Tuhan, Yoh 15:1-6 ) akan dipelihara Tuhan . Rajin berdoa tiap hari kepada Tuhan Yesus minta minyak urapan (urapan  Roh Kudus, urapan jamahan Tuhan –  Markus 6:13  )  juga anggur ( anggur juga berarti darah Kristus --- Matius 26 :28 - 29) . Lewat urapan berkat dari Tuhan dan darah Tuhan Yesus  yang menanggung krisis ekonomi maka umat percaya akan dipelihara Tuhan . 

- Kuasa anggur perjamuan kudus dan kuasa minyak urapan (Yakobus 5:14) masih ada di akhir zaman.


* Api dari iblis yang berarti serangan Iblis dalam bentuk konflik kemarahan dan perang

 

(Yesaya  7:4) dan katakanlah kepadanya: Teguhkanlah hatimu dan tinggallah tenang, janganlah takut dan janganlah hatimu kecut karena kedua puntung kayu api yang berasap ini, yaitu kepanasan amarah Rezin dengan Aram dan anak Remalya.

 

Api itu banyak memiliki pengertian , salah satunya adalah api itu berarti kepanasan amarah . Api kemarahan itu timbul karena keinginan yang tidak terpenuhi juga makin diperparah dengan hasutan dari Iblis . Iblis itu membenci orang percaya dan salah satu cara  menyerang orang percaya dengan menimbulkan konflik kemarahan di hati manusia. Setan dalam wujud penunggang kuda merah dapat mengambil damai sejahtera manusia sehingga saling menghasut sampai terjadi konflik , perkelahian atau perang besar

(Wahyu 6:4) Dan majulah seekor kuda lain, seekor kuda merah padam dan orang yang menungganginya dikaruniakan kuasa untuk mengambil damai sejahtera dari atas bumi, sehingga mereka saling membunuh, dan kepadanya dikaruniakan sebilah pedang yang besar.

 

Cara Iblis menyerang manusia dengan merasuk ke dalam hati orang jahat . Lalu orang jahat itu melalui mulutnya akan menghasut banyak orang lain untuk membenci dan memusuhi pihak lain.

(Amsal  26:20). Bila kayu habis, padamlah api; bila pemfitnah tak ada, redalah pertengkaran.

(Yakobus  3:6)     Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.

(Mazmur  140:3) yang merancang kejahatan di dalam hati, dan setiap hari menghasut-hasut perang!

 

Lalu jika api kemarahan juga dendam di suatu daerah makin bertambah maka makin banyak juga setan penghasut perang datang ke daerah itu dan ke hati mansuia .Setan juga dapat menyuruh organisasi Antikris di bumi untuk mengirim provokator pembuat konflik , membagikan senjata , menyiapkan dana besar untuk membiayai pembuat kerusuhan dan ritual mantera sihir untuk mengundang banyak setan untuk menghasut pihak bertikai untuk saling perang .

 

( Yesaya  9:17a) Sebab kefasikan itu menyala seperti api yang memakan habis puteri malu dan rumput, ....... 

Akibatnya di bumi terjadi konflik besar dari tawuran , kerusuhan , penghancuran rumah dan bangunan lain ,pembakaran gereja, aniaya orang Kristen, sampai perang dan pembantaian massal .Untuk menghadapi api kemarahan karena hasutan Iblis itu maka caranya :

 

* Penguasaan diri  (Galatia 5:22-23)

( Kejadian 4:7 ) Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."

 

Penguasaan diri dengan usaha keras menguasai hati  pikiran agar damai , penuh kasih sesuai firman Tuhan melalui tekad kuat dalam diri  dan juga minta bantuan dari Tuhan lewat doa puasa .

 

* Pakai perisai iman ( percaya sepenuh hati kepada Tuhan )

(Efesus  6:16) dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat,


* Jangan ikuti keinginan daging tapi hidup oleh Roh

(Galatia 5:16) Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Semakin banyak keinginan daging akan makin banyak penderitaan tetapi hiduplah oleh Roh dengan mendengar dan melakukan kehendak Tuhan dan rajin minta urapan penyertaan Roh dari Tuhan .

 

* Perangi setan dengan doa puasa

Matius  17:21 (Tetapi roh jahat yang semacam ini, hanya bisa diusir oleh doa dan puasa saja.)" 

Setan dapat merusak nama baik umat Kristen dengan cara merasuk ke hati orang fasik . Lalu orang fasik akan dipakai Iblis untuk menyebarkan fitnah dan menghasut orang lain untuk membenci kita . Itu sebabnya sebelum Iblis menghasut maka Iblis harus diperangi dengan doa puasa .