Firman Tuhan dan kesaksian mukjizat saat bencana alam







Firman Tuhan dan kesaksian mukjizat saat bencana alam

** Makna positif bencana alam dari sudut pandang Alkitab **

Melihat bencana alam yang sudah dan akan datang itu selain dinilai negatif tapi juga memiliki sisi positif . Makna positif dari berbagai bencana alam (angin, longsor, banjir, api, gempa) adalah sebagai berikut :


1). Bencana Alam (angin, banjir, api, gempa) itu suatu tanda bahwa Tuhan akan datang segera

 (Mazmur  50:3) Allah kita datang dan tidak akan berdiam diri, di hadapan-Nya api menjilat, sekeliling-Nya bertiup badai yang dahsyat.
 (Yesaya  29:6) engkau akan melihat kedatangan TUHAN semesta alam dalam guntur, gempa dan suara hebat, dalam puting beliung dan badai dan dalam nyala api yang memakan habis.

(Matius 24:3b )........ Kata mereka: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?" (Matius 24:7 ) Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.

* 1- 1.  Jika memahami ayat  sebelumnya, maka bencana alam (gempa, angin, api dll ) itu adalah tanda- tanda  bahwa Tuhan akan datang segera .
* 1-2    Tuhan ingin kita membaca tanda zaman bahwa zaman ini akan mendekati kesudahannya .

(Matius 16:2-3) Tetapi jawab Yesus: "Pada petang hari karena langit merah, kamu berkata: Hari akan cerah, dan pada pagi hari, karena langit merah dan redup, kamu berkata: Hari buruk. Rupa langit kamu tahu membedakannya tetapi tanda-tanda zaman tidak.


Belajar Dari Elia ( 1 Raja- raja 19: 8-18)
Elia disuruh Tuhan pergi ke gunung Allah yaitu gunung Horeb . Setelah makan roti (lambang Firman Tuhan ) dan air ( lambang Roh Kudus- Yohanes 7:37-38)  maka dia berjalan 40 hari 40 malam sampai ke sana . Ia disuruh Tuhan naik ke puncak gunung dan berdiri di sana .  Elia jelas menantikan Tuhan datang tapi dalam masa penantian itu muncul angin keras yang membelah gunung – gunung dan memecahhkan bukit- bukit batu . Setelah angin muncul gempa lalu kemudian muncul api . Walaupu Elia harus melewati angin, gempa dan api tetapi Elia tidak takut bencana atau mundur karena itu tanda Tuhan akan datang . 

Bencana alam itu tidak menjadi beban pikirannya  tetapi ia terus fokus untuk menantikan datangnya Tuhan .Sama seperti Elia tidak takut menghadapi angin, gempa dan api tetapi fokus menantikan Tuhan dan perintah-Nya maka kita juga harus seperti itu.

Dalam tafsir lain secara rohani itu angin dan api itu melambangkan lawatan Tuhan dan lambang kuasa Allah Roh Kudus yang bekerja ( Kisah Para Rasul 2:1- 2, Ibrani 12:29  ) . Gempa juga dapat diartikan goncangan dari Tuhan untuk membangunkan gereja yang tertidur . Jadi sebelum kedatangan Tuhan akan terjadi angin lawatan Tuhan, guncangan gempa dari Tuhan untuk membangunkan gereja-Nya dan menghancurkan belenggu - penjara rohani dari musuh  ( Kisah P. Rasul 16: 25-26) lalu api kebangunan rohani bekerja dahsyat dengan banyak mukjizat sehingga miliaran jiwa dapat dituai bagi Tuhan . Tetapi fokus utama itu tetap menantikan kedatangan Tuhan dan taat pada perintah-Nya.

Setelah masa penantian itu Elia berjumpa dengan Tuhan . Tuhan menyuruhnya untuk mengurapi Hazael sebagai raja Aram dan Elisa sebagai nabi berikutnya . Hazael itu raja Aram yang kejam karena membunuh jutaan warga Israel. Sifat Hazael itu agak mirip dengan gambaran  Antikris yang akan datang . Sama seperti Elia mengurapi Elisa menjadi nabi mengantikan Elia ( 1 Raja- raja 19:16  )  demikian juga di akhir zaman, Tuhan akan membangkitan generasi baru pelayan Tuhan untuk mengantikan generasi lama yang akan ke Sorga.  Generasi baru itu misalnya 2 nabi utama akhir zaman  (  Wahyu 11:3,10 ), 144.000 orang pilihan Tuhan (  Wahyu 7:4 ) dan jutaan para pelayan Tuhan yang diurapi .


2). Tuhan ingin kita ingat dan berdoa pada-Nya sebelum muncul masa kesukaran .

*2-1. Mengingat Tuhan Pencipta sebelum masa sukar itu datang

(Pengkhotbah 12:1). Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kaukatakan: "Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!",

* 2-2.  Membuat makin berdoa dan berjaga – jaga agar dikuatkan Tuhan saat menghadapi bencana dan
          bertahan dihadapan Tuhan dalam segala persoalan hidup .

( Lukas 21 :36) Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia
      
3). Goncangan bencana alam membuat kita ingat dan tinggal pada Kerajaan Tuhan ( kerajaan Sorga)

(Ibrani 12:26 – 28)  Waktu itu suara-Nya menggoncangkan bumi, tetapi sekarang Ia memberikan janji: "Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga." Ungkapan "Satu kali lagi" menunjuk kepada perubahan pada apa yang dapat digoncangkan, karena ia dijadikan supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan. Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.

Maksud ayat itu saat melihat bencana goncangan gempa bumi yang menghancurkan hendaknya membuat kita ingat akan Kerajaan Tuhan (kerajaan Sorga ) yang abadi dan tidak terguncangkan. Bumi boleh berguncang tapi iman tidak boleh bergoncang dan harus tetap dalam kerajaan Tuhan.  Di bumi ini terdapat  rumah,kota, gunung, kekayaan bahkan nyawa manusia yang mudah hancur akibat bencana alam . Umur dunia ini sementara dan bumi ini pasti nanti hancur .  Jadi berharap saja pada Tuhan yang menyediakan kerajaan Sorga untuk tempat kita nanti.  Jadi hiduplah kudus , bersyukur dan beribadah kepada Tuhan dengan hormat .

4). Tuhan ingin kita berjaga dalam kekudusan dan janganlah hidup kita dibuat sibuk  oleh kepentingan duniawi .

(Lukas 21 : 34-35)
21:34 "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.
21:35 Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.

Jangan sampai hati terlalau dipenuhi oleh nafsu duniawi berlebihan . Ingat hari pembalasan Tuhan untuk menghukum kota- kota itu bisa terjadi saat tidak terduga.

5). Bencana alam dipakai Tuhan untuk menghukum orang fasik yang menyerang umat Tuhan


(Mazmur  91:8) Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik.

Kadang bencana alam bisa dipakai untuk menghabisi orang fasik yang menyerang umat percaya. Misalnya saat Musa membawa jutaan bangsa Israel keluar dari tanah Mesir dengan melewati laut yang terbelah .

Rakyat Mesir pergi ikut serta dengan Firaun ingin mengambil kembali harta yang diberikan ke orang Israel , ingin memperbudak lagi sebagian bangsa Israel yang bisa diperbudak dan mau membunuh bangsa Israel yang melawan ( Keluaran 15 : 28 ) . Banyak lelaki Mesir dari berbagai kota dan desa datang bergabung dengan Firaun Mastema. Firaun Mastema mengerahkan semua lelaki dewasa di Mesir yang berkumpul itu yaitu sekitar 1 juta orang lelaki yaitu dari tentara dan rakyat Mesir beserta 600 kereta perang mengejar orang Israel. 


Tuhan membuat jalan dengan membuat air laut terbelah sehingga bangsa israel bisa berjalan. Tetapi di belakang mereka itu banyak pasukan Mesir datang mengejar .
Tuhan menyuruh Musa mengulurkan tangan sehingga air laut berbalik menenggelamkan semua pasukan Mesir tanpa tersisa  (Keluaran 14:26-28) . Itu menjadi rekor tsunami air laut besar pada zaman dulu yang menghabiskan nyawa 1 juta orang Mesir.



Hubungan antara aniaya gereja dan gempa Lampung  1994
Di Liwa, Lampung Barat itu dulu pernah terjadi aniaya berat terhadap seorang hamba Tuhan . Dimana hamba Tuhan, sang pemberita injil itu dipukuli, dianiaya , diseret di pesisir pantai oleh banyak warga Kedar disana. Lalu setelah ia mati martir di sana maka terjadi suatu gempa. Gempa berkekuatan 6,5 Mw itu menghancurkan puluhan Mesjid , menewaskan 196 - 207 orang, melukai 2000 orang, 75.000 orang kehilangan rumah. Para keturunan bani Kedar yang menganiaya itu ada yang meninggal dalam gempa . Setelah peristiwa itu gereja di sana lalu mulai berkembang .

Gempa yang merupakan respon Tuhan atas aniaya pembunuhan itu sungguh ada.  Misalnya setelah Tuhan Yesus mati dibunuh di kayu salib maka terjadi gempa (  Matius 27: 51 ) yang membelah bukit- bukit dan Bait Allah ( tempat Imam besar untuk mendakwa Tuhan Yesus ). 

6). Bencana alam harus membuat kita makin dekat pada Tuhan sebagai perlindungan

 (Mazmur 91:9). Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu,
Saat bencan alam mendekat maka mendekatlah kepada Tuhan. Mukjizat terjadi bukan saat kita pasif atau diam saja tapi mukjizat terjadi saat kita bergerak doa berseru kepada Tuhan Yesus dan memiliki iman lalu taat melakukan apa yang diperintahkan Tuhan. Melalui bencana alam itu Tuhan menunjukan kehebatan kasih dan kuasa Tuhan untuk menggenapi ayat- ayat yang ada di Alkitab


Daftar Kesaksian Mukjizat Tuhan di Balik Bencana

* Mukjizat saat gempa Mexico 1985
Saat gempa bumi di Mexico City tahun 1985, seorang perawat Kristen yang kerja di rumah sakit secara ajaib dipindakan Tuhan dari rumah sakit ke apartemenya. Rumah sakit hancur dan banyak yang jadi korban tetapi perawat Kristen itu selamat karena ia dibuat Tuhan pindah tempat dengan menghilang seketika (mirip kisah di Kisah Para Rasul 8:39).

* Mukjizat letusan Gunung di Karibia 1902
Mukjizat juga terjadi di Martinique, Karibia tahun 1902. Saat itu gunung api "Mount Pelee" meletus mengeluarkan lahar, debu dan awan panas. Kota St. Pierre, dekat gunung tersapu lahar dan angin
panas menghanguskan. Ada seorang narapidana yang telah bertobat pada Tuhan Yesus, ia memohon perlindungan Tuhan Yesus. Tuhan melindungi dia di penjara saat letusan gunung itu . Orang Kristen itu nyawanya selamat walaupun luka tapi 30.000 orang lainnya mati. Di kota itu hanya 2 orang saja yang selamat dari bencana itu .

(Mazmur 91:7-8) Walau seribu orang rebah di sisimu,  dan sepuluh ribu di  sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan  menimpamu. Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri  dan  melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik.

* Mukjizat Tuhan Yesus Menghentikan Tornado di Filipina
Di negara Filipina, ada suatu angin tornado besar diselubungi awan gelap mau menyerbu desa . Lalu para penduduk desa yang beragama Kristen berdoa berteriak keras menyerukan nama Tuhan Yesus , ada yang doa berbahasa roh dan ada yang doa  menumpangkan tangan ke arah angin  . Mereka berdoa bukan sekali tetapi berkali- kali menyebut nama Tuhan Yesus . Mukjizat terjadi dan angin menghilang dan desa selamat dari angin. Para penduduk desa mengucap terima kasih kepada Tuhan Yesus . Bahkan video peristiwa ini disebarkan di media sosial pada tahun 2014 oleh Pinoy Kulitan.

 ” Filipina” berasal dari kata Filipi dan negara  Filipina mengalami mukjizat sesuai dengan kitab Filipi bahwa nama Yesus itu sangat berkuasa mendatangkan mukjizat di langit dan bumi asalkan lidah mengakui Yesus adalah Tuhan . 

(Filipi 2:10- 11) supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

* Mukjizat gereja di Meulaboh saat gempa tsunami Aceh 2004
Pada 24 Desember 2004, ada gereja di Meulaboh , Aceh yang jemaatnya sekitar 400 orang. Gereja itu didatangi polisi syariat, warga , pejabat pemerintah yang dengan keras melarang mereka mengadakan Natal di kota dan mereka mengusir kalau beribadah Natal harus di hutan daerah gunung. Para jemaat gereja yang diusir harus ke hutan di pegunungan itu berdoa menangis mohon pembelaan Tuhan . Lalu saat pagi buta itu istri pendeta mendapat mimpi. Dalam mimpi itu , Tuhan Yesus lalu berkata  sebagai berikut :

“Kuatkanlah hatimu, hai anakKu. Jangan engkau menangis lagi. Bukan kalian yang diusir bangsa itu, tetapi Aku! Setiap bangsa yang mengusir Aku dan namaKu dari negeri mereka, tidak akan luput dari murkaKu yang menyala-nyala. Bangunlah dan pergilah ke kota, bawa semua saudaramu yang tertinggal di sana ke tempat ini sekarang juga, karena Aku akan memukul negeri ini dengan tanganKu!”

Lalu setelah berita tentang mimpi itu tersebar maka beberapa jemaat gereja ke kota untuk menjemput keluarga jemaat yang tertinggal agar ikut ke hutan daerah pegunungan. Lalu saat mereka di pegunungan itu terjadilah gempa tsunami besar dan mereka selamat dari bencana alam itu.  Setelah masa itu lalu pendeta dari gereja itu memberi kesaksian mukjizat Tuhan di berbagai gereja di Indonesia

* Mukjizat Hayati saat tsunami Aceh 2004
Ternyata ada mesjid yang tidak hancur karena gempa tsunami di Aceh itu karena Tuhan Yesus yang menolong . Tuhan Yesus juga mampu menolong orang agama lain yang berdoa minta tolong kepada-Nya . Ada  kisah nyata tentang Hayati , mantan muslim yang bertobat pada Tuhan Yesus. Saat terjadi tsunami Aceh 2004, ia berlari keluar mencari tempat perlindungan lalu masuk ke sebuah Mesjid . Di Mesjid itu Hayati berteriak memanggil nama Tuhan Yesus untuk melindungi dari luapan air laut tsunami yang tinggi. Secara ajaib air berhenti mengalir 1 meter sehingga Hayati dan semua orang dalam bangunan itu selamat dari tsunami.  Orang lain melihat itu jadi ikut percaya bahwa ada keselamatan dalam nama Tuhan Yesus .

(Kisah Para Rasul 4:11 – 12) Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan--yaitu kamu sendiri--,namun ia telah menjadi batu penjuru. Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

* Mukjizat saat letusan gunung Merapi 2010
Pada suatu hari Tuhan menyuruh 1 orang Kristen untuk mengelilingi rumah dan lahan dengan mengurapi dengan urapan  minyak dan anggur ( Wahyu 6:6) . Orang itu taat pada perintah Tuhan dan setelah beberapa lama kemudian  terjadilah letusan gunung Merapi tahun 2010 yang menghantam dengan hujan batu, hawa panas, lahar panas , lahar dingin , longsoran dan lainnya . Ia mengungsi meninggalkan rumah tanpa membawa ternak . Lalu 1 minggu kemudian ia kembali ke rumahnya yang ada di gunung .

Ia kaget karena ada batu setinggi 5 meter yang berjarak 20 meter dari rumahnya. Batu besar itu melindungi rumah dan ternaknya dari lahar panas, lahar dingin dan longsoran lainnya . Rumahnya dan ternaknya selamat dan  masih utuh tetapi banyak rumah para tetangga di sekitarnya pada hancur . Orang Kristen itu lalu berkata : ” Tuhan sungguh  amat baik . ”    (1 Tawarikh 16:34) Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

* Mukjizat Kesaksian pilot yang selamat dari gempa Palu 2018

Captain Mafella adalah nama dari pilot dari pesawat Batik Air yang selamat dari bencana gempa Palu pada 28 September 2018 .Dia menceritakan kesakisannya sebagai berikut ini. Pada hari itu dia merasakan kegelisahan yang ia tidak tahu dan dia menyanyi lagu rohani . Saat pesawatnya mau mendarat di Palu ada suara dalam hati yang menyuruhnya untuk memutar sekali di udara sebelum mendarat. Letak bandara Palu itu di lembah karena diapit 2 pegunungan jadi kalau mendarat harus hati- hati . Mazmur 23:4 itu ayat favorit bagi para pilot Kristen disana .

 Sesaat setelah sukses mendarat di bandara Palu , dia merasa ada suara di hatinya untuk lekas pergi lepas landas dari Palu. Captain Mafella, tidak turun dari pesawat dan minta izin kepada menara controk untuk mempercepat lepas landas pesawat yaitu 3 menit lebih cepat dari jadwal. Setelah dapat izin dari pihak menara kontrol maka ia dengan cepat lepas landas . Tiba- tiba ia merasa tanggannya seperti ada yang menggerakan dia untuk menarik tuas  supaya menambah kecepatan pesawat untuk naik . Padahal biasanya sang co- pilot yang bertugas mengatur tuas kecepatan pesawat tapi dia mengambil alih tugas itu . Saat itu pesawat terasa bergoyang ke kiri lalu ke kanan tapi secara ajaib pesawat bisa naik ke atas sebelum gempa.

Lalu tiba- tiba terjadi gempa besar di Palu dan jalanan di bandara itu menjadi terbelah dan beregelombang juga sebagian menara control rubuh jatuh ke jalan . Listrik juga lumpuh di kota Palu karena gardu listrik rusak akibat gempa bumi. Untung saja dia cepat , karena kalau saja dia terlambat 3 menit maka roda pesawat akan terkena jalan aspal yang rusak  dan pesawat bisa terguling karena roda peswat bisa terpeleset akibat tanah yang gempa. Akibatnya itu  bisa membahayakan nyawa pilot dan 140 penumpang. 

Untung saja, pilot Captain Mafella mendengar dan mengikuti suara Tuhan ditambah pertolongan Tuhan sehingga ia dan pesawatnya selamat dari gempa. Pilot pesawat yang melewati lembah dan bahaya itu terhibur karena disertai oleh Tuhan .

(Mazmur 23:4) Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

* Mukjizat gereja bergerak saat bencana angin dan banjir kencang

Pada tahun 1870-an di Swan Quarter, North Carolina di Amerika itu jemaat gereja Metodis itu ingin membeli tanah yang letaknya tinggi agar bebas banjir . Tapi pemilik tanah Samuel R. Sadler tidak mau menjual tanah itu walaupun tanah itu mau dibeli untuk dibangun gereja. Lalu para umat gereja lalu membangun gereja Swan Quarter United Metodis di desa lain.  Umat gereja tetap berdoa dalam menghadapi segala perkara .

Lalu pada 16 September 1876, terjadi angin badai kencang melanda desa dan disertai hujan sampai banjir diatas 1,5 meter. Secara ajaib luapan air banjir disertai dorongan angin itu membuat gereja bergerak . Gereja yang mengapung bergerak jauh menuju ke tanah lebih tinggi dan sampai di tanah tinggi yaitu bagian tengah dari tanah milik Samuel R. Sadler. Setelah melihat mukjizat ini akhirnya pemilik tanah itu mau menjual tanahnya kepada dewan gereja Metodis itu . Sejak itu dikenal dengan istilah gereja yang digerakan oleh tangan Tuhan .

(Yesaya  41:20) supaya semua orang melihat dan mengetahui, memperhatikan dan memahami, bahwa tangan TUHAN yang membuat semuanya ini dan Yang Mahakudus, Allah Israel, yang menciptakannya.
(Yosua  4:24 ) supaya semua bangsa di bumi tahu, bahwa kuat tangan TUHAN, dan supaya mereka selalu takut kepada TUHAN, Allahmu."

* Mukjizat lainnnya

Tuhan itu kreatif karena bentuk pertolongan Tuhan itu berbeda caranya antara satu dengan lainnya . Tidak selamanya mukjizat pertolongan itu berupa kejadian supranatural misalnya orang dibuat menghilang atau terbang oleh Tuhan sehingga selamat. Tapi kadang Tuhan lebih banyak memakai orang lain untuk menolong umat Kristen yang berdoa . 

Misalnya para ibu dari keluarga Tiesmin saat berada dalam rumah karena tertimbun reruntuhan rumah saat gempa Palu 2018. Tuhan memakai beberapa orang lain yang berbeda jenis kelamin, ras dan suku untuk menolong mereka sehinga bisa keluar dari reruntuhan bangunan .   

7). Bencana itu menguji dan melatih  iman- pengharapan- kasih kita kepada Tuhan

(Amsal  16:2). Segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.    (Ayub  23 :10) Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.

Untuk menguji iman pengharapann dan kasih kepada Tuhan itu Tuhan memakai bencana alam. Saat kehilangan harta , rumah, anggota keluarga, kesehatan akibat bencana alam itu, apakah tetap  mencintai Tuhan ?

Semua orang beriman itu semuanya pasti mengalami ujian iman . Jika lulus dan setia sampai akhir maka selain bebas dari neraka tapi yang terpenting beroleh kekekalan di Sorga yang berisi hadirat Tuhan, tempat tinggal abadi, harta dan segala fasilitas Sorga dari Tuhan.

Mukjizat pertolongan Tuhan selamat dari tragedi bom / ledakan dan ancaman pembunuhan

 

( Filipi 1:21-22a )

1:21. Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

1:22a Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah.............

 

Dalam masa konflik banjir darah itu, Tuhan Yesus Kristus kadang membiarkan umat-Nya ada yang meninggal. Itu karena mati dalam Kristus itu adalah suatu  keuntungan karena kematian membuat jiwa

orang kudus bisa tinggal dalam Sorga bersama – sama dengan Tuhan . Tetapi jika Tuhan tolong  sehingga bisa selamat dari tragedi konflik ( kerusuhan, bom, perang dll ) itu karena kasih karunia Tuhan . Selama masih hidup di dunia harus bekerja untuk Tuhan dengan menghasilkan buah dengan memberi kesaksian , kasih, sukacita dan sebagaiya. Ada beberapa kesaksian nyata tentang pertolongan Tuhan sehingga selamat dari tragedi yang dapat menguatakan iman rohani tentang pertolongan Tuhan Yesus

 

 

*** Kesaksian seorang pendeta pria saat September 2001

 

Ada seorang pendeta Indonesia yang pada September 2001 itu diundang oleh sebuah gereja di Amerika untuk  khotbah di sebuah gereja di Amerika. Selesai khotbah di gereja di Amerika itu pendeta pria itu mau pulang ke Indonesia . Akan tetapi petinggi dari gereja di Amerika itu mengajak pendeta Indonesia itu ke sebuah toko di Amerika . Di toko itu , orang Amerika itu membelanjakan banyak barang belanja untuk diberikan sebagai oleh- oleh untuk pendeta . Pendeta itu awalnya tidak bahagia karena ingin segera pulang karena ia sudah beli tiket pesawat untuk pulang ke indonesia.

 

Tiba – tiba terdengar berita di TV bahwa beberapa pesawat dibajak oleh para teroris dan pesawat itu ada yang sengaja ditabrakan di gedung WTC , gedung Pentagon dan lainnya. Menurut tiket pesawat milik pendeta itu pesawat yang harus ia naiki itu telah hancur dalam ledakan dalam tragedi 11 September 2001. Pendeta itu langsung kaget lalu berseru kepada Tuhan dan bersyukur karena tidak jadi naik pesawat yang meledak dalam tragedi . Ternyata Tuhan dapat memakai orang lain untuk mencegah pendeta itu naik pesawat yang akan meledak . Akibatnya nyawa pendeta itu selamat dari tragedi ledakan maut pesawat itu .

 

 

*** Kesaksian selamat dari bom di satu gereja di Batam tahun 2000

 

Ada satu gereja Bethany di Batam yang merayakan acara natal pada 24 Desember 2000 .  Ibadah dilakukan di tempat tertutup di  Carnaval Hall dengan kapasitas 2.000 kursi . Kemudian para teroris masuk ke tempat itu membawa 3 tas yang berisi bom . Dua tas diletakan 2 meter dari pintu dan 50 cm dari deretan kursi jemaat dan tas yang ketiga berbentuk travel bag berdaya ledak lebih besar yang ditaruh di tengah deretan kursi . Setelah 3 teroris menaruh bingkisan berisi bom itu maka mereka terburu- buru pergi dari gereja .

 

Saat itu waktu setelah ibadah 1 ( 17.00 – 19.30 ) selesai dan ibadah ke 2  yang rencananya dari pukul 20.00 – 22.30 . Saat ibadah yang dihadiri ribuan orang itu  lalu pada kurang lebih pukul 21.10 itu tiba- tiba terjadi ledakan keras lalu beberapa detik kemudian dentuman bom yang lebih keras dari arah pintu . Lidah api setingi 5 meter dan muncul asap tebal ke tengah jemaat . Rungan gelap dan banyak jeritan suara dari warga gereja .  Ada juga suara orang berdoa, berbahasa roh atau himbauan para pelayan untuk tenang walau para jemaat berlarian meninggalkan ibadah karena takut bom. Walau ledakan keras tapi tidak ada korban jiwa di gereja itu .

Ada beberapa mukjizat yang terjadi di peristiwa itu

 

* Sebelum ledakan itu ada beberapa ibu tergerak untuk mengendong bayinya dan berjalan keluar mencari udara segar untuk menidurkan bayi mereka . Sehingga para ibu dan bayi yang ada di luar itu selamat dari ledakan itu  .

 

* Seorang panitia merasakan tulisan ayat Nahum 1:3  lalu merasa Tuhan ada disitu dan merasakan aliran air yang sejuk dari benak sampai hati sehingga hati terasa tenang.

 

* Ledakan yang membuat banyak asap itu secara ajaib tidak membuat kebakaran besar karena api ledakan lalu padam dan lampu bisa dinyalakan kembali .

 

 

* Satu orang diakon yang duduk 50 cm dari bom itu secara ajaib cuma menderita luka kecil  yaitu telingga kanan berdarah dan betis terbakar beberapa bintik luka dan teliga berdarah. Padahal ledakan itu cukup kuat dapat menghancurkan  tembok didekatnya sampai roboh . Akan tetapi secara ajaib tubuhnya tidak hancur tapi cuma luka kecil dan itupun cepat sembuh

 

* Seorang diaken yang duduk 1 meter di belakang bom itu tubuhnya utuh dan jasnya cuma terkoyak tidak terbakar padahal bom itu ledakan besar membuat kursi – kursi plastik terkoyak dan melubangi atap spandek yang 7- 8 meter dari lantai .

 

* Bom itu berisi banyak serpihan – serpihan logam keras dan saat meledak serpihan logam (besi, gotry dan baut) itu terbang menyerbu ke arah jemaat namun tidak ada serpihan logam yang mengenai tubuh jemaat .

 

* Saat ledakan itu mereka yang duduk di tepat ledakan itu merasa ada tenaga besar melempar mereka ke tengah  . Sehingga mereka selamat dari semburan api dan letusan penghancur besar  dari bom .

 

* Bom itu membuat dinding roboh tapi anehnya dinding roboh ke luar dan tidak roboh menimpa jemaat .

 

* Dari 2 bom yang meledak itu ada sisa 1 bom yang berkekuatan lebih besar dan sudah diaktifkan timer tetapi  sisa 1 bom itu tidak meledak walaupun bomnya aktif.

 

* Hal yang ajaib itu polisi memberi izin supaya bisa diadakan lagi ibadah kebaktian pada esok harinya ditempat bekas lokasi ledakan itu.

 

Pada 25 Desember 2000, kembali diadakan ibadah kebaktian ditempat bekas lokasi ledakan itu . Para jemaat berlinang air mata karena merasakan kebaikan Tuhan yang sudah melindungi mereka dari bom . Dalam doa , pujian pemnyembahan dan doa syukur itu mereka merasakan hadirat Tuhan yang intim . Tuhan Roh Kudus  menyuruh pendeta di tempat itu untuk bertanya siapa yang hadir dalam kebaktian ibadah Natal pertama.Ternyata 90 % jemaat mengangkat tangan dan pendeta itu menangis terharu .

 

Lalu selesai ibadah itu mereka menemukan ada lagi tas berisi bom. Lalu tiba- tiba Tuhan memberi kuasa kepada seorang pemuda untuk menyambar tas maut dan berlari cepat  ke lapangan parkir berjarak 150 meter dan menaruh perlahan- lahan tas berisi bom itu di atas rumput. Kemudian pemuda itu berlari menjauh . Saat kesaksian pemuda itu tidak sadar apa yang dia lakukan kecuali bahwa dia harus menaruh benda itu secara perlahan.

 

Lalu polisi meledakan bom itu . Polisi berkata bahwa bom itu berdya ledak tinggi yang cukup untuk merobohkan gedung  dan membunuh seketika makhluk yang berada pada radius 150 meter .Tuhan sekali lagi melindungi 2.000 nyawa umat-Nya dari bencana bom yang lebih kuat. Berita itu tersebar di Batam dan daerah lainnya bahwa Tuhan itu baik melindungi umat-Nya dari bahaya.

 

(Mazmur 9: 10-12)

(9-10) Demikianlah TUHAN adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan.

(9-11) Orang yang mengenal nama-Mu percaya kepada-Mu, sebab tidak Kautinggalkan orang yang mencari Engkau, ya TUHAN.

(9-12) Bermazmurlah bagi TUHAN, yang bersemayam di Sion, beritakanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa,

 

 

 

***  Kesaksian selamat dari ancaman bom Riau 2001

 

Pada 21 Desember 2001 itu di sebuah gereja di Pangkalan Keinci, propinsi Riau ada berita heboh. Ada seorang pemuda jihad yang membawa ransel berisi bom seberat 30 kg . Saat pemuda itu masuk gereja dengan gerakan mencurigakan itu membuat polisi curiga. Saat pemuda masuk langsung dicegat oleh panitia Natal gereja. Polisi dan panitia mendesak tersangka itu membuka isi ransel tapi orang itu menolak . Polisi lalu membawa keluar ransel itu keluar dan menemukan bom seberat 30 kg . Bom 30 kg itu lalu diledakkan oleh polisi dengan cara ditembak .

 

Polisi juga menemukan senjata pistol dengan 6 peluru juga 30 kg butir besi ( diduga butiran besi itu untuk memperparah efek ledakan bom supaya jika kena ledakan maka butiran besi bisa terbang melukai orang ).

Sebelumnya para panita di gereja itu sudah berdoa kepada Tuhan Yesus supaya acara natal bisa berlangsung baik . Tuhan itu baik mencegah bom meledak . Bom 30 kg itu punya potensi dapat membunuh puluhan orang dan dapat menghancurkan gedung gereja. Akan tetapi sebelum itu terjadi Tuhan sudah bergerak melindungi gereja itu sehingga selamat dari ancaman bom .

 

 

*** Kesaksian selamat dari kelompok gank pelajar di Jakarta tahun 2001

 

Tahun 1998 – 2002 itu adalah masa dimana sering terjadi tawuran antara siswa sekolah di Jakarta . Kelompok siswa di satu sekolah dapat konflik dengan kelompok gank siswa di sekolah lain . Tiap tahun selalu saja ada yang siswa meninggal atau luka akibat tawuran .

 

Pada tahun 2001 itu ada sekelompok siswa di suatu jembatan yang lagi konflik siswa dari sekolah lain . Mereka mau mencegat siswa dari sekolah lain jika melewati jembatan itu . Ada seorang siswa yang beragama Kristen melewati jembatan itu. Kelompok gank pelajar dari lain sekolah mencegat dan mengeluarkan senjata tajam . Siswa Kristen itu hanya bisa berdoa mohon perlindungan Tuhan .

 

Secara ajaib senjata tajam (sejenis pisau ) itu ditusukan berkali- kali ditubuh tapi tidak mempan. Tuhan membuat tubuh siswa Kristen itu kebal sehingga berkali –kali tusukan tapi senjata tidak menembus dalam tubuh . Para gank siswa yang mengeroyok siswa Kristen itu kaget dan kabur karena lawan mereka itu kebal dari tusukan senjata tajam . Siswa Kristen itu terharu melihat kebaikan pertolongan Tuhan yang membuatnya tubuhnya kebal dari serangan musuh.

 

Juga ada suatu kejadian lain yang terjadi antara tahun 2001- 2002. Ada suatu kelompok gank siswa yang  mencari siswa dari sekolah lain untuk dikeroyok . Ada dua siswa sekolah yang dikejar oleh gank dari sekolah lain . Dua siswa ini naik bus dan para gank pelajar itu dengan senjata mengejar dan mau naik bus untuk menangkap dua siswa itu .

 

Di dalam  bus itu ada seorang Kristen lain yang berdoa dan menyerukan dalam nama Tuhan Yesus . Mukjizat Tuhan terjadi dan para gank pelajar yang mau naik bus itu tiba- tiba diam , tidak naik bus dan mereka hanya terdiam sebentar . Lalu bus itu melaju, para gank pelajar itu tidak bisa naik bus  dan selamatlah dua siswa itu dari kejaran para gank pelajar itu . Mukjizat Tuhan dapat terjadi saat  ada orang yang berdoa dan menyerukan nama Tuhan Yesus .

 

 

*** Kesaksian selamat dari gank bersenjata

 

Kejadian ini terjadi sebelum tahun 2004 di sebuah gereja di suatu negara kawasan Latin Amerika . Ada sekelompok anggota gereja berada di sebuah gereja. Di bagian luar gereja itu ada kelompok gank yang bersenjata api . Mereka diluar mau menyerbu ke dalam mengancam dengan senjata api . Lalu para orang Kristen berdoa bersama mohon perlindungan Tuhan .  Lalu tiba- tiba terdengar bunyi rentetan letusan senjata api dan peluru berhamburan.

 

Setelah beberapa lama kemudian , terlihat para kelompok gank bersenjata api itu mati. Rupanya kuasa Tuhan bekerja membuat para anggota gank bersenjata itu saling membunuh dengan senjata api . Sehingga  para jemaat gereja itu selamat dari musuh.

 

( II Tawarikh 20: 29-30 ) Ketakutan yang dari Allah menghinggapi semua kerajaan negeri-negeri lain, ketika mereka mendengar, bahwa TUHAN yang berperang melawan musuh-musuh Israel. Dan kerajaan Yosafat amanlah, karena Allahnya mengaruniakan keamanan kepadanya di segala penjuru. 

Kisah ini mirip dengan kisah bangsa Israel zaman raja Yosafat (II Tawarikh 20:20-30) . Waktu itu bangsa Israel diserbu oleh bangsa Moab dan Amon dan penduduk pegunungan Seir. Setelah Yosafat dan rakyat Israel bersorak dan menyanyikan nyanyian pujian kepada Tuhan dan terjadi mukjizat dari Tuhan .Tuhan membuat 3 kelompok pasukan musuh itu saling membunuh sampai habis binasa sehingga selamatlah bangsa Israel dari ancaman serangan musuh .


 


Sumber: Alkitab , google dll.