Artikel Kristen - Tuhan Yang Maha Besar

TUHAN  YANG  MAHA  BESAR

Kita pernah ingat kisah tentang Tuhan Yesus yang rela disalibkan untuk menebus dosa manusia. Tubuh-Nya terlihat lemah sengsara di kayu salib . Itu karena Tuhan telah  merendahkan diri-Nya  dengan mengambil rupa sebagai  manusia supaya mati dikayu salib (Filipi 2: 5-9)  lalu  hidup kembali demi  menyelamatkan  manusia.

Tapi harus diingat sebenarnya Tuhan Yesus itu Tuhan Yang Maha Besar .  Kebesaran Tuhan itu dapat dilihat dari berbagai sisi yaitu :



1). Ukuran Wujud Tuhan

Seorang  hamba Tuhan mengaku pernah di beri penglihatan oleh Tuhan.  Dalam penglihatan itu ia melihat wujud Tuhan yang  sangat besar ukuran- Nya melebihi ukuran bumi . Bumi itu ukurannya lebih kecil dari gengaman tangan Tuhan.  Di luar  angkasa tangan- Nya memegang bumi .

Itu karenadahulu  tangan Tuhan yang  membentuk bumi dan  meletakan dasar bumi . Tuhan itu pencipta seluruh alam semesta.

 (Yesaya 48 :13 ) Tangan-Ku juga meletakkan dasar bumi, dan tangan kanan-Ku membentangkan langit. Ketika Aku menyebut namanya, semuanya bermunculan..

Ukuran asli dari wujud Tuhan itu sangat besar dan lebih besar dari yang  kita bayangkan.  Jika Tuhan mau tampil dalam wujud -Nya yang  paling  maximal  maka  seluruh langit dan alam semesta  tidak dapat memuat Tuhan . Tapi Tuhan mau  berbagi  tempat dengan memberikan bumi dan sorga untuk makhluk ciptaan-Nya .

(2 Tawarikh 6:18b)...... Sesungguhnya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langitpun tidaklah dapat memuat Engkau, terlebih lagi rumah yang kudirikan ini.

(Yesaya 40:15) Sesungguhnya, bangsa-bangsa adalah seperti setitik air dalam timba dan dianggap seperti sebutir debu pada neraca. Sesungguhnya, pulau-pulau tidak lebih dari abu halus beratnya.

Bangsa- bangsa bahkan seluruh planet yang ada di alam seperti debu ukurannya jika  dibandingkan dengan ukuran Tuhan  .  Pada mulanya, hanya Tuhan sendiri sudah ada lebih dulu dalam wujud sangat besar dan  tidak dapat diukur kebesaran  Tuhan.  Lalu Tuhan menciptakan alam semesta,  ruang,  waktu, energi, sorga, malaikat, planet, bintang ,bumi,  manusia , binatang dan sebagainya .





Menurut para ilmuwan ada sekitar 170 miliar galaxy di alam semesta yang terlihat  ada berkisar dari galaksi kecil dengan hanya sepuluh juta (107) bintang  hingga galaksi raksasa dengan seratus triliun (1014) bintang . Tapi lewat alat Hubble Deep Field yang mendokumentasikan foto alam semesta baru terlihat 125 miliar galaxy . Itu belum termasuk jumlah galaxy yang belum terlihat lewat satelit atau teleskop.

Galaxy bima sakti itu tempat planet bumi berada . Galaxy bima sakti memiliki 200- 400 miliar bintang . Tiap bintang memiliki beberapa planet sampai ratusan planet. Jadi  jumlah  planet di alam semesta bisa mencapai  ratusan  ribu triliun.

 (Mazmur8-4) Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang
 Kautempatkan: ........-



Bintang yang paling besar  itu VY Canis Mayoris (VY CMA ) dengan diameter  3 miliar kilometer dan ukurannya 2.100 kali ukuran  Matahari. Tapi bintang terbesar itu masih kalah dengan dengan ukuran  jari Tuhan . Bahkan jika semua galaxy , bintang dan planet itu digabungkan masih seperti debu dibandingkan ukuran kebesaran Tuhan .


Para ilmuwan menemukan bahwa seluruh alam semesta ini bisa ada karena adanya  suatu energi yang membentuk semua atom . Energi tidak terlihat inilah yang membentuk atom, partikel, wujud, ruang, waktu , gerak. Energi yang tidak terlihat jelas berasal dari kuasa Tuhan.  Ukuran ruang alam semesta itu terus bertambah tiap bulan. Tiap tahun selalu terbentuk  lagi jutaan bintang dan planet yang  baru .


( Yesaya 40:26) Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah: siapa yang menciptakan semua bintang itu dan menyuruh segenap tentara mereka keluar, sambil memanggil nama mereka sekaliannya? Satupun tiada yang tak hadir, oleh sebab Ia maha kuasa dan maha kuat.

(Amos 5:8 ) Dia yang telah membuat bintang kartika dan bintang belantik, yang mengubah kekelaman menjadi pagi dan yang membuat siang gelap seperti malam; Dia yang memanggil air laut dan mencurahkannya ke atas permukaan bumi--TUHAN itulah nama-Nya.

(Yeremia 31:35) Beginilah firman TUHAN, yang memberi matahari untuk menerangi siang, yang menetapkan bulan dan bintang-bintang untuk menerangi malam, yang mengharu biru laut, sehingga gelombang-gelombangnya ribut, --TUHAN semesta alam nama-Nya:

Karena kuasa energi dari Tuhan itu yang menyebabkan semua galaxy dan bintang itu bisa bergerak
dan memancarkan cahaya .  Semua siklus pergerakan, lahir, berkembang  dan proses kematian dari
semua galaxy, bintang dan planet itu berada dalam kuasa Tuhan  .

Ilmuwan menemukan bahwa tiap tahun selalu ada galaxy dan bintang yang hancur lenyap. Jika bintang dan galaxy sudah kehabisan energi bahan bakar maka galaxy atau  bintang itu bisa mati . Bintang ukuran besar yang mati itu dapat meledak jadi supernova . Sebagian dari pecahan bintang itu menjadi debu kosmik , komet dan lainnya . Tapi sebagian dari pecahan bintang itu akan tersedot ke dalam lubang hitam yang merupakan dunia kekelaman





(Yudas  1:13b) .................. mereka bagaikan bintang-bintang yang baginya telah tersedia tempat di dunia kekelaman untuk selama-lamanya

Hal yang harus diingat bahwa kedatangan Tuhan Yesus  yang  pertama di Israel serupa dengan ukuran  manusia . Tapi  nanti  kedatangan Tuhan Yesus yang  kedua di ak hir zaman dalam wujud sangat  besar  melebihi  wujud  raksasa.  Kaki-Nya yang besar akan menginjak hancur banyak gunung.

(Mikha 1:3- 4) Sebab sesungguhnya, TUHAN keluar dari tempat-Nya dan turun berjejak di atas bukit-bukit bumi. Luluhlah gunung-gunung di bawah kaki-Nya, dan lembah-lembah terbelah seperti lilin di depan api, .............






2).Suara Tuhan

(Mazmur 29:3-7)  Suara TUHAN di atas air, Allah yang mulia mengguntur, TUHAN di atas air yang besar. Suara TUHAN penuh kekuatan, suara TUHAN penuh semarak. Suara TUHAN mematahkan pohon aras, bahkan, TUHAN menumbangkan pohon aras Libanon. Ia membuat gunung Libanon melompat-lompat seperti anak lembu, dan gunung Siryon seperti anak banteng.
Suara TUHAN menyemburkan nyala api.

Suara Tuhan itu sebenarnya sangat dahsyat . Ada sebagian orang-orang Kristen mereka mengatakan bahwa mereka ingin TUHAN untuk berbicara kepada mereka secara audible dengan suara keras dari surga . Tapi kadang Tuhan berbicara dengan lembut lewat penglihatan , mimpi atau melalui  nubuat dari para nabi.   

Di sorga saja, Tuhan hanya mengeluarkan sebagian kecil dari kekuatan suara- Nya. Kalau Tuhan mengeluarkan suaranya yang dahsyat maka akan membuat getaran di sorga dan bumi. Gunung- gunung pun bisa hancur karena suara Tuhan bahkan langit dan bumi bergoncang saat Tuhan memperdengarkan suara-Nya di akhir zaman (Yeremia 25:30) .

 (Yoel 3:16) TUHAN mengaum dari Sion, dari Yerusalem Ia memperdengarkan suara-Nya, dan langit dan bumi bergoncang...............

Kekuatan  suara Tuhan itu sangat besar  lebih besar dari  kekuatan triliunan desibel  energi suara . Bahkan jika Tuhan mengeluarkan seluruh kekuatan suara-Nya secara maximal maka dapat memusnahkan semua  planet dan bintang .

Batas aman untuk pendengaran manusia itu 85 desibel suara. Kekuatan suara lebih dari 154 desibel dapat membuat kaca pecah dan orang bisa  tuli permanen. Granat akustik dengan kekuatan 120- 190 desibel dapat menyebabkan kerusakan pendengaran telinga. Menurut para peneliti di Jerman, suara ledakan berkekuatan lebih dari 210 desibel bisa merusak organ internal, karena dapat membuat pecah saluran darah jantung dan syaraf otak sehingga  manusia bisa mati . Kekuatan suara lebih dari 20.000 desibel dapat membuat tubuh dan tulang manusia hancur berkeping-keping juga dapat membuat hancur gedung  besar.

Dalam Ulangan 5 :24- 26 disebutkan bahwa bangsa Israel di zaman Musa sangat gemetar mendengar suara Tuhan. Saat itu Tuhan hanya memperdengarkan sebagian dari kekuatan suara-Nya dan memberi kuasa perlindungan kepada  tubuh bangsa Israel supaya tidak hancur saat mendengar kekuatan dari suara Tuhan. 



Dalam  Wahyu 8:10- 12 , malaikat Tuhan yang diberi kuasa oleh Tuhan hanya dengan meniup sangkakala yang menimbulkan suara  maka bintang  langsung  jatuh . Apalagi Tuhan Yang  Maha Besar  dengan suara-Nya dan firman-Nya mampu menciptakan  alam semesta dan mampu menghancurkan alam semesta  . 


3).Sinar Tuhan

(Matius 17:2)  Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan  pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang.








Tuhan itu begitu mulia dan sangat bercahaya.  Maka di Sorga  tidak perlu ada matahari   karena cahaya Tuhan yang  menerangi sorga ( Wahyu 21: 23 ).

Matahari  itu  sangat terang  dan  ukurannya 330.300 kali ukuran bumi . Suhu permukaan matahari 5.700 derajat celcius dan suhu dalam  inti matahari sebesar 2 juta derajat celcius.  Jika manusia mendekati  matahari maka tubuh manusia dapat hangus  menjadi debu.  Jika matahari  mengeluarkan ledakan diatas 20.000 KJ dapat membuat  planet hancur. Matahari saja yang  merupakan ciptaan Tuhan begitu besar bercahaya apalagi Tuhan yang sanggup mengeluarkan sinar  yang lebih terang dari matahari .

Tuhan akan mendatangkan kegelapan besar  ( Wahyu 16:10  ). Matahari, bulan dan bintang akan dibuat Tuhan tidak bercahaya ( Yehezkiel 32:7-8 ) . Cahaya  lampu  juga tidak bercahaya ( Wahyu 18:23 a  ) karena pembangkit energi listrik akan hancur  lewat bencana alam .  Antikris juga para manusia fasik akan melihat dalam kegelapan. Tapi orang benar akan bisa melihat terang ( Ayub 29:3 ) . Lalu setelah itu Tuhan akan datang  kembali ke  bumi dalam sinar-Nya yang terang  (Ulangan 33:2)  yang akan menerangi kegelapan bumi .

(Yehezkiel 43:2)  Sungguh, kemuliaan Allah Israel datang dari sebelah timur dan terdengarlah suara seperti suara air terjun  yang menderu dan bumi bersinar karena kemuliaan-Nya.


(Wahyu 20:11). Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.

(2 Petrus 3:10) Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.




Akan ada suatu waktu dimana Tuhan Bapa di sorga akan memperlihatkan kebesaran-Nya yang terhebat  atas bumi  dan alam semesta. Saat itu Tuhan Bapa di sorga duduk diatas tahta putih dalam wujud yang  besar dan mulia. Tuhan memandang bumi, planet, dan semua benda langit yang diciptakan-Nya .  Lalu Tuhan memancarkan api sinar kemulian-Nya juga suara gemuruh-Nya terhadap bumi , langit, matahari, bintang .  Akibatnya terdengar gemuruh yang dahsyat . Lalu bumi dan semua unsur dunia (matahari , bulan, bintang , asteroid, dan semua planet ) akan hangus dalam nyala api karena karena kuasa Tuhan .






Seluruh alam semesta pada waktu itu merasakan kebesaran Tuhan yang sanggup menghancurkan bumi  (termasuk semua negara yang ada di bumi akan ikut musnah) dan  juga matahari,bulan, bintang , planet akan ikut dihancurkan Tuhan.

Karena sinar dari Tuhan maka alam semesta mendapat  terang  tapi sinar api dari Tuhan juga mampu menghancurkan alam semesta termasuk bumi (Zefanya 1:18)  Hal ini akan terjadi  agar  manusia dan malaikat mengetahui  kebesaran Tuhan . Tapi Tuhan menjanjikan akan  menciptakan kembali bumi dan langit yang baru  ( 2 Petrus 3:13,  Yesaya 65:17 dan  Yesaya 66:22 ). 

Arti penting dari Tuhan Yang  Maha Besar
Empat  arti penting TuhanYang Maha Besar dalam hidup kita yaitu :

a). Karena Tuhan itu Maha Besar maka Tuhan  layak dipuji  dan disembah karena kebesaran- Nya (1 Tawarikh 29: 11-13)

(Mazmur150:2) Pujilah Dia karena segala keperkasaan-Nya, pujilah Dia sesuai dengan  kebesaran-Nya yang hebat!

2). Karena Tuhan itu Maha Besar maka Tuhan itu berkuasa  menolong dalam segala persoalan hidup kita
Tuhan itu lebih besar dari setiap masalah kita. Maka berserulah kepada Tuhan
karena teriak kita akan didengar oleh Tuhan . Lalu Tuhan akan menolong kita

(2 Samuel 22:7) Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada TUHAN, kepada Allahku aku berseru. Dan Ia mendengar suaraku dari bait-Nya, teriakku minta tolong masuk ke telinga-Nya.       

(Ratapan 3:32) Karena walau Ia mendatangkan susah, Ia juga menyayangi menurut kebesaran kasih
setia-Nya.

3). Karena Tuhan itu Maha Besar  maka kita harus takut kepada Tuhan
Manusia jangan sombong karena ukuran manusia sangat kecil dibandingkan ukuran Tuhan . Tuhan akan berkali- kali menampakan kebesaran-Nya di akhir zaman supaya kita takut akan Tuhan .

(Ulangan 5:29) Kiranya hati mereka selalu begitu, yakni takut akan Daku dan berpegang pada segala perintah-Ku, supaya baik keadaan mereka dan anak-anak mereka untuk selama-lamanya!

4). Karena Tuhan itu Maha Besar maka kita harus berserah pada Tuhan juga taat pada-Nya.

(Ulangan 3:24) Ya, Tuhan ALLAH, Engkau telah mulai memperlihatkan kepada hamba-Mu ini kebesaran-Mu dan tangan-Mu yang kuat; sebab allah manakah di langit dan di bumi, yang dapat melakukan perbuatan perkasa seperti Engkau?

(Mazmur 16:11) Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

sumber : Buletin Brosur Firman edisi kompilasi